08.00 - 21.00 085641701234 - 082138301234 D552C0EC085641701234, 082138301234
(pcs)

Beberapa Istilah dalam Mancing Teknik Jigging

Friday, November 3rd 2017.

LANGGENGPANCING – Para angler Indonesia, geliat sportfishing semakin hari semakin digemari baik dari kalangan tua muda maupun dari segala kalangan dengan latar belakang yang berbeda. Dengan latar belakang yang berbeda pula mereka dipersatukan oleh satu hobi yaitu mancing. Mancing merupakan hobi yang selain bisa dilakukan oleh siapapun ternyata juga bisa menyehatkan badan. Salah satu teknik mancing yang menyehatkan badan adalah jigging.

Bagi pecinta teknik mancing jigging tentunya istilah-istilah seperti metal jig, kevlar, over head reel/rod dan lain-lain sudah tidak asing lagi di kuping mereka. Namun bagaimana dengan para pemula yang ingin mempelajari teknik jigging untuk pertama kalinya? Sudah tentu istilah-istilah tersebut sangatlah asing bagi mereka.

Kali ini akan kita ulas seluk beluk istilah-istilah dalam memancing jigging agar para pemula yang ingin menggeluti teknik ini nantinya memiliki wawasan yang luas tentang tekhnik mancing jigging. Apa saja istilah tersebut, yuk langsung kita simak dibawah ini.

Jigging Rod

Jigging Rod

Jigging rod atau Joran Jigging adalah piranti wajib yang kita miliki jika ingin belajar memancing dengan teknik jigging. Joran jigging yang ideal sendiri memiliki panjang mulai dari 5”-6” (150-180cm).

Joran yang memiliki panjang lebih dari 6” biasanya akan membuat pemancing kelelahan terlebih saat memainkan umpan jig yang berat dan juga ketika meladeni perlawanan ikan. Untuk memancing dengan teknik jigging biasanya pemancing menggunakan 2 jenis rod yaitu spinning dan over head.

Jigging Reel

Jigging Reel atau reel untuk memancing jigging terbagi atas 2 jenis antara lain :

Tipe Spinning

Reel spinning biasa digunakan para pemancing jigging yang baru pertama kali mempelajari teknik jigging karena tipe reel ini juga digunakan untuk tekhnik memancing selain jigging seperti casting, popping, bottom fishing dan lain-lain. Untuk ukurannya sendiri, biasanya para pemancing jigging menggunakan reel kelas 4000 – 8000 dikarenakan memancing dengan tekhnik ini membutuhkan spool reel dengan kapasitas besar yang dapat menampung senar yang panjang.

Pemilihan reel dengan kelas tersebut juga sangat beralasan karena spot-spot jigging biasanya memiliki kedalaman minimal 30 meter dimana semakin dalam spot yang dituju maka semakin besar pula target ikan yang diburu.

Jigging Overhead Reel

Reel Over Head tentunya sangat berbeda dengan spinning baik dari bentuk maupun keunggulannya. Karena tekhnik jigging itu lazimnya menurunkan umpan secara vertikal, maka reel jenis ini banyak diminati oleh para pemancing jigging karena memiliki banyak keunggulan dibanding tipe spinning.

Keunggulan reel over head terletak pada daya tampung senar, drive gear yang lebih kuat dari spinning karena terbuat dari material baja,retrieve yang lebih ringan karena sistem gear-nya yang segaris dan tidak menggunakan osilator seperti pada reel spinning.

Metal Jig

Metal Jig

Metal jig atau umpan tiruan yang terbuat dari timah dan berbentuk seperti ikan atau cumi ini merupakan jenis umpan tiruan yang sering digunakan oleh para pemancing jigging. Metal jig sendiri biasanya memilki berat hingga 500 gram tergantung dari spot yang dituju apakah spot tersebut berarus kencang atau tidak.

Semakin kencang arus di spot maka semakin berat pula metal jig yang akan digunakan. Metal jig sendiri memiliki banyak kreasi seperti coating Glow In The Dark (GID) yang memancarkan cahaya dari fosfor sehingga umpan metal jig juga dapat dipakai pada aktifitas jigging di malam hari.

Assist Hook/Kevlar

Jigging Assist Hook

Assist Hook atau tali rangkai mata pancing yang terbuat dari bahan kevlar. Penggunaan material kevlar ini bertujuan memperkuat daya mata pancing akibat tarikan gigi-gigi tajam ikan seperti tengiri maupun barracuda. Material kevlar sendiri disinyalir lebih baik dan lebih kuat dibanding senar PE sebagai tali rangkai mata pancing.

Jigging Hook

Jigging Hook

Jigging hook atau mata pancing (kail) jigging yang digunakan untuk mancing jigging biasanya berukuran minimal 2 kali lipat atau lebih dari lebar badan metal jig dan berjenis single hook. Pemasangannya bisa menggunakan 1 atau 2 single hook sebagai assist menggantung di bagian kepala metal jig atau sampai pertengahan badan metal jig itu sendiri.

Size hook untuk jigging disesuaikan dengan besar metal jig yang akan digunakan selama hook bisa bergerak bebas dan tidak menempel badan metal jig.

Squid Jig

Squid Jig

Squid jig merupakan aksesoris tambahan yang dipasangkan di mata kail. Sesuai namanya squid yang berarti cumi merupakan umpan aksesoris yang terbuat dari bahan plastik maupun karet. Fungsi squid jig sendiri sebagai penarik perhatian ikan untuk menyambar metal jig karena bentuknya yang menyerupai cumi yang sebagai mangsa utama selain ikan di habitat asli ikan.

Skirt

Jigging Skirt

Skirt atau bulu atau benang berbentuk rumbaian dengan warna-warna cerah dan menyala juga merupakan aksesori tambahan yang dipasangkan di mata kail. Penggunaan skirt juga sebagai alternatif pengganti squid jig sebagai penarik perhatian ikan-ikan predator untuk menyambar.

Warna yang cerah biasanya akan memancarkan kilauan ketika terkena sinar matahari. Hal inilah yang mengundang ikan-ikan predator yang penasaran akan kilauan cahaya dari skirt tersebut.

Nah para mania, semoga penjelasan dari kami tentang istilah-istilah seputar teknik jigging diatas bisa menambah wawasan dan pengetahuan para mania yang ingin mulai menekuni teknik jigging. Salam strike. (Source:MM)

Rp 435.000
Rp 530.000
Rp 41.000
Rp 200.000
habis
Rp 217.000
Rp 197.000

Address

Jln. Wuni Tengah no 18, Kleco,
Karangasem, Laweyan,
Solo - Jawa Tengah
Indonesia

0856 417 01234 ( Whats App )
0821 383 01234 ( Whats App )
PinBB D552C0EC
--------------------------------------------
Admin Grosir :
0856 4065 2225 (Whats App )

Rekening Bank

Azis Triyanto No rek 3920262529
Azis Triyanto No Rek 900 00 0270524 3
Azis Triyanto No Rek 0261590499
Azis Triyanto No Rek 3591 01 001233 50 7

Pengiriman

Link Bukalapak

Facebook Fanpage

Produk Terbaru

Joran Tegek Maguro Evergreen 450 Joran Tegek Maguro Compass 630 Joran Tegek Maguro Blackjack 540 Joran Tegek Maguro Gravis 450 Zoom Joran Tegek Maguro Cougar 450 Zoom Joran Tegek Pioneer Thriller Power XT Shock Leader Yutaka Fluorocarbon 100% Joran Tegek Ogawa Kirin Carbon

Testimoni

  • adminlanggeng -
    maaf gan,, saat ini daiwa joinus kita belum punya gan,,...
  • alan - prabumulih sumatra selatan
    gan mau tanya joran daiwa joinus 562 msh ada gk??...
  • ALI BASARI - bandung
    NUUN KANG ADMIN JORAN KENZI TOS DUGI KA BUMI DI BANDUNG, AYA BONUS NA HE....HE..............................TANKS...
  • adminlanggeng -
    tinggal warna2 tertentu aja,, dicari warna apa??...
  • adminlanggeng -
    atas nama siapa gan ??...
  • adminlanggeng -
    oke siap gan,, segera kami cek,,...
  • ALI BASARI - BANDUNG 40174
    Pagi gan tolong di cek tgl 28.07.2017 jam 16.23 sy transaksi di Langgeng pancing 0728/LP 091651 lom ada respon,................ NUUN kang admin...
  • adminlanggeng -
    maaf gan,, kita blm buka cabang di bandar lampung,, :)...
  • adminlanggeng -
    bisa mas,, langsung ke rekening kita yg ada di web,, :)...
  • Rei - Samarinda (Kaltim)
    Mimix Hopper Atom, 4 cm / 8.5 gram Mimix Jump Bux, 4.5cm / 9.0 gram Mimix Kura Buzz, 5.0cm / 14.5 gram Yang ready stok warna apa aja gan, trims...
Lihat Semua Testimoni →