08.00 - 21.00 085641701234 - 082138301234 D552C0EC085641701234, 082138301234

Panduan Dasar Mancing Ikan Baronang

Thursday, December 21st 2017.

LANGGENGPANCING – Baronang (Siganus Sp.) adalah sekelompok ikan laut yang masuk dalam keluarga Siginidae. Ikan ini dikenal oleh masyarakat dengan nama yang berbeda-beda satu sama lain sesuai spesiesnya, seperti di Kepulauan Seribu dinamakan Kea-kea, di Jawa Tengah dengan nama Biawas dan nelayan-nelayan di Pulau Maluku menamakan dengan sebutan Samadar.

Baronang ditemukan di perairan dangkal laguna di wilayah Indo-Pasifik dan timur Laut Tengah. Ikan ini dalam bahasa inggris disebut rabbitfish karena perilaku makannya yang memakan tumbuh-tumbuhan (rumput laut) secara rapi seperti dipangkas mesin rumput kecil. Baronang merupakan salah satu ikan yang menjadi favorit bagi para pemancing di laut.

Untuk memancing ikan Baronang yang terbilang gampang-gampang susah ini, para angler wajib mengetahui beberapa pengetahuan dasar tentang apa saja yang kita butuhkan untuk merasakan sensasi tarikan si rabbitfish ini. Apa saja sih yang wajib kita ketahui jika kita ingin memulai mancing ikan Baronang ini, yuk kita simak penjelasannya dibawah ini.

Siganus Sp.

Joran Tegek/Bebekan

Harus dipilih oleh pemancing Baronang adalah joran tegek atau bebekan, sebuah joran panjang tanpa line guide, untuk pemilihan joran tegek ini dimaksudkan agar sensasi mancing Baronang lebih terasa action-nya. Spesifikasi kekuatanya medium-hard (medium carbon, high carbon, super carbon) untuk panjang yang paling ideal antara 4-5.5 meter.

Untuk merek-merek yang biasa ada di pasaran dengan harga cukup terjangkau dan cukup baik kualitasnya adalah: Golden Fish, Daiwa, Sunlit Horse, Shimano, Golden Eagle, Maguro dan Silstar.

Senar/Kenur

Untuk pemilihan senar usahakan memakai kenur tipe flourocarbon karena punya index bias yang sama dengan air (kenur seolah lenyap dari pandangan ikan). Bisa memakai senar ukuran 20-30 lbs. Penggunanan panjang senar pada joran tergantung kedalaman air di lokasi mancing, bisa 1/2 joran, 2/3 joran atau 3/4 joran. Namun perlu diingat juga makin besar diameter senar makin kecil rasa sensitif pada saat ikan memakan umpan tersebut.

Hook atau Mata Kail

Usahakan menggunakan mata kail 5 atau 6 yang berbentuk matahari atau garong, pada umumnya pemancing Baronang menggunakan pancing garong buatan sendiri karena bisa memilih jenis, merk, size, kekuatan bahan mata kail, bisa menggunakan mata kail biasa atau carbon sesuai dengan selera masing-masing pemancing.

Pelampung

Untuk pelampung biasanya memakai pelampung model gantung dan banyak yang kita jumpai di toko pancing. Untuk pelampung biasanya digunakan untuk mengetahui apakah umpan sedang dimakan ikan atau tidaknya, apabila bergetar biasanya sedang dimakan, kadang juga tidak bergetar hanya berputar. Kita harus benar-benar bisa melatih membedakan pelampung saat bergetar dimakan ikan atau tidaknya.

Umpan

Memancing baronang umpanya pun bermacam-macam. Ada yang suka memakai lumut atau daging udang dan kerang, ada yang lebih suka memakai lontong. Tapi sebenarnya semuanya bisa dipakai karena Ikan Baronang termasuk ikan rakus, sebelum menentukan umpan yang efektif sebaiknya lihat spotnya dulu.

Bom Umpan/Chumming

Umpan bom usahakan pakai nasi punel dan gampang terpisah saat di lempar ke air. Tujuan agar nasi tersebut tercecer di dalam air dan ikan Baronang berkumpul, usahakan 15 menit sekali pada satu titik saat pengeboman umpan.

Kondisi Air dan Spot

Untuk hasil maksimal kita harus tau keadaan air dan arus pasang surutnya karena mancing ikan Baronang ini ada waktu-waktu tertentu yang harus di perhatikannya. Untuk arus yang besar biasanya membuat ikan ini bersembunyi di dermaga kapal atau perahu dekat tiang beton karena dianggap aman dari arus.

Untuk pantai sedalam tiga meter atau lebih dan dipenuhi karang serta lumut, merupakan habitat Ikan Baronang. Ikan Baronang ini merupakan pemakan lumut dan anak udang atau kerang. Untuk spot atau tempat yang disukai oleh ikan Baronang biasanya :

Di dermaga kapal atau perahu, biasanya ikan Baronang senang bersembunyi dibalik tiang-tiang dermaga atau batu-batuan yang sudah banyak lumutnya. Rumpon Kerang Hijau, karena Baronang memang sangat menyukai kerang. Sekitar karang/Batrean/Pemecah ombak terutama batu-batuan yang banyak lumut, contoh seperti bebatuan penahan ombak atau bebatuan karang yang menonjol kelaut juga menjadi sasaran empuk para pemancing baronang.

Perlengkapan Pendukung

Gunakan sarung tangan agar tidak terkena duri Ikan Baronang,disamping itu agar tidak licin saat melepas ikan serta siapkan pula cool box yang sudah ada es batu untuk menyimpan ikan agar selalu fresh ikan Baronangnya.

Source : MM

Rp 430.000
habis
Rp 381.000
Rp 275.000
habis
Rp 225.000
Rp 210.000
Rp 66.000

Address & Contact Person

Jln. Ahmad Yani 348 B, kartasura,
Sukoharjo – Jawa Tengah
Indonesia

0856 417 01234 ( Whats App )
0821 383 01234 ( Whats App )
PinBB D552C0EC
——————————————–
Admin Grosir :
0856 4065 2225 (Whats App )

Kasir:
SCAN barcode dibawah ini
kasir langgeng pancing

Fitur chat WA bisa digunakan untuk smartphone dan untuk PC komputer harap mengaktifkan WA web terlebih dahulu di sini https://web.whatsapp.com/id

Bisa chat Facebook juga diipojok kiri bawah 🙂

Rekening Bank

Azis Triyanto No rek 3920262529
Azis Triyanto No Rek 900 00 0270524 3
Azis Triyanto No Rek 0261590499
Azis Triyanto No Rek 3591 01 001233 50 7

Pengiriman

Facebook Fanpage