08.00 - 21.00 085641701234 - 082138301234 085641701234, 082138301234

Pentingnya Jaket Pelampung bagi Keselamatan Angler

Sabtu, Januari 13th 2018.

 

Pentingnya Jaket Pelampung bagi Keselamatan Angler

 

 

 

Pentingnya Jaket Pelampung bagi Keselamatan AnglerLANGGENGPANCING – Kita mungkin sudah kenal sekali dengan himbauan atau slogan “safety first”. Kalau diterjemahkan ke Bahasa Indonesia berarti “dahulukan keselamatan”. Mengapa “first”? Mengapa bukan “later” (kemudian)? “Safety first” berarti kita dihimbau untuk menempatkan keselamatan di atas hal-hal lainnya saat melakukan sesuatu, termasuk saat melakukan kegiatan memancing di alam bebas.

Saat kita sedang mancing, keselamatan jiwa kita adalah prioritas penting yang harus didahulukan. Memancing di alam bebas bukanlah kegiatan sembarangan karena ada standar-standar yang harus diterapkan agar keselamatan jiwa kita bisa terjaga.

Baju pelampung merupakan perangkat yang dirancang untuk membantu pemakai, baik secara sadar atau di bawah sadar, untuk tetap mengapung dengan mulut dan hidung berada di atas permukaan air atau pada saat berada dalam air. Perangkat yang dirancang dan disetujui oleh pihak yang berwenang dalam hal ini Biro Klasifikasi Indonesia untuk digunakan oleh sipil dalam rekreasi berlayar, pelaut, kayak, kano dan lain-lain.

Ada 2 jenis jaket pelampung yang biasa kita temui di Indonesia yaitu :

1. Pelampung yang terbuat dari busa styrofoam

Merupakan bentuk yang paling sederhana, terbuat dari busa steriofoam yang dibungkus di dalam baju pelampung. Banyak digunakan sebagai perangkat keselamatan kapal, bis air, perahu. Biasanya menggunakan warna oranye agar mempermudah proses evakuasi bila terjadi bencana. Biasanya dilengkapi dengan lampu yang hidup bila baterainya terendam air serta peluit.

2. Pelampung balon udara

Pelambung balon udara yang ditempatkan di dalam baju pelampung yang dikembangkan dengan menarik pemicu udara (tabung CO2) yang akan mengisi ruang di dalam baju pelampung dan biasanya dilengkapi dengan peniup manual bila tabung CO2 tidak berfungsi.

Di kalangan pemancing, penggunaan jaket pelampung serinh sekali diabaikan. Ada beberapa hal yang menjadi alasan bagi para pemancing untuk enggan menggunakan jaket pelampung ini.

Stigma Tentang Cuaca yang Baik-Baik Saja

Berhati-hatilah dengan paradigma ini. Kita mungkin sering berpikir bahwa cuaca akan baik-baik saja. Salah satu prinsip penting harus selalu diingat saat bermain di alam adalah bahwa alam tidak bisa diprediksi. Meskipun katakanlah prakiraan cuaca laut di spot mancing yang akan para mania tuju cerah dan sebagainya, hal ini sebaiknya tidak dijadikan pembenaran untuk tidak membawa/memakai jaket pelampung. Gunakan prediksi cuaca itu sebagai informasi untuk mempersiapkan diri kita sebaik mungkin dan bukan justru untuk mengabaikan standar-standar keselamatan yang ada.

Bawalah jaket pelampung entah itu dengan menyewa ataupun dengan membawa pelampung sendiri. Sudah banyak contoh kejadian dimana kapal atau perahu terbalik dihantam ombak besar yang datang tiba-tiba dan penumpangnya tewas tenggelam karena tidak dilengkapi standar keamanan yang memadai, termasuk salah satunya tanpa dilengkapi jaket pelampung.

Merasa Jago Berenang

Berenang di laut jelas berbeda dengan berenang di kolam renang. Salah satu perbedaannya adalah karena di laut terdapat arus kuat yang bisa saja menarik kita setiap waktu ke tengah lautan lepas dan membuat kita kelelahan. Selain itu ombak besar bisa saja menerjang sewaktu-waktu. Kondisi terburuk/darurat bisa saja terjadi setiap waktu. Peluang itu ada meskipun mungkin kecil. Kapal/perahu yang kita tumpangi bisa saja terbalik karena dihantam ombak.

Pada kondisi terburuk seperti itu kemampuan berenang saja tidak cukup untuk bisa bertahan di tengah lautan lepas yang demikian luas. Ditengah lautan lepas kita bisa saja kelelahan. Itu sebabnya mengapa saat memancing kita dianjurkan membawa jaket pelampung. Dengan jaket pelampung kalaupun kondisi terburuk itu terjadi, kita tetap dapat mengapung tanpa perlu mengeluarkan energi berlebihan. Bayangkan jika para mania terombang-ambing ditengah laut lepas yang tepinya tak kelihatan dan saat itu anda tanpa pelampung. Sehebat-hebatnya kita berenang, pasti akan kelelahan.

Harga Jaket Pelampung yang Mahal

Bagi beberapa pemancing , harga sebuah jaket pelampung mungkin termasuk mahal. Namun mahalnya harga sebuah jaket pelampung tidak sebanding dengan keselamatan nyawa kita dikala memancing. Kita sanggup melakukan trip memancing berkali-kali dan tidak ada salahnya apabila kita menyisihkan sebagian uang yang kita gunakan membeli piranti pancing untuk membeli sebuah jaket pelampung.

Para mania, terlepas dari alasan-alasan diatas, marilah kita coba renungkan kembali tentang pentingnya megutamakan faktor keselamatan. Ingat.. keluarga kita, yang menyayangi kita, akan selalu menanti kita pulang dalam keadaan selamat. Salam strike.

Source : MM

Rp 125.000
Rp 10.000
Rp 145.000
Rp 630.000
habis
Rp 570.000
Rp 120.000

Harga Grosir

Grosir Pancing

Follow Us

instagram langgeng pancing

Address & Contact Person

Jln. Ahmad Yani 348 B, kartasura,
Sukoharjo – Jawa Tengah
Indonesia

0856 417 01234 ( Whats App )
0821 383 01234 ( Whats App )
PinBB D552C0EC
——————————————–
Admin Grosir :
0856 4065 2225 (Whats App )

Kasir:
SCAN barcode dibawah ini
kasir langgeng pancing

Fitur chat WA bisa digunakan untuk smartphone dan untuk PC komputer harap mengaktifkan WA web terlebih dahulu di sini https://web.whatsapp.com/id

Bisa chat Facebook juga diipojok kiri bawah 🙂

Rekening Bank

Azis Triyanto No rek 3920262529
Azis Triyanto No Rek 900 00 0270524 3
Azis Triyanto No Rek 0261590499
Azis Triyanto No Rek 3591 01 001233 50 7

Pengiriman

Facebook Fanpage