08.00 - 21.00 085641701234 - 082138301234 085641701234, 082138301234

Tips Mendaratkan Ikan ke Permukaan dengan Sempurna

Jumat, Januari 5th 2018.

Tips Mendaratkan Ikan ke Permukaan dengan Sempurna

 

LANGGENGPANCING – Ikan yang berhasil landed merupakan suatu prestasi dan kebanggan bagi seorang angler. Sebuah jerih payah setelah melalui pertarungan yang alot dengan ikan merupakan jackpot yang wajib didapatkan oleh semua angler. Namun, tidak semua handling ikan bisa dikatakan sempurna mengingat minimnya pengetahuan kita tentang cara mendaratkan ikan yang baik dan benar ke permukaan.

 

Meskipun  sepele hanya mendaratkan seekor ikan, tetapi mendaratkan ikan juga memerlukan teknik tersendiri. Dalam teknik ”Catch and Release” mendaratkan ikan merupakan hal yang sangat krusial. Hal semacam ini karena teknik menangkap serta melepas ini diwajibkan supaya sang pemancing melindungi ikan dari cacat fisik karena beragam argumen serta salah satunya mungkin bersifat kekeliruan waktu mendaratkan ikan.

 

Apabila  teknik mendaratkan ikan yang dipakai hanya sembarangan, bukan tidak mungkin ikan yang juga akan dilepaskan kembali itu akan tidak bertahan lama di masa datang. Pada beberapa masalah, terlebih pemancing yang ada diatas perahu, seringkali mengalami peristiwa yang tidak menyenangkan ketika mendaratkan ikan.

 

Peristiwa tersebut bisa berupa tertancapnya kail pada tangan waktu mendaratkan ikan. Hal semacam ini sering dikarenakan waktu ikan hendak didaratkan, ikan berontak melalukan perlawanan dengan begitu keras hingga sangatlah susah untuk didaratkan.

 

Kali ini kita akan memberikan penjelasan dan cara-cara mendaratkan ikan dengan baik dan benar. Meskipun teknik ini sebenarnya mengaplikasi teknik beberapa pemancing luar negeri, namun saat ini bnayak pemancing nusantara yang juga sudah familiar dan mengaplikasikannya ketika memancing. Apa saja sih teknik-teknik tersebut, yuk kita simak penjelasannya dibawah ini.

 

Teknik dengan Bantuan Lip Grip

 

Pemakaian lip grip memanglah dikhususkan untuk alat bantu untuk mendaratkan ikan. Pemakaian lip grip buat pemancing lebih aman. Tetapi pada beberapa ikan yang mempunyai kontur mulut yang cukup lunak, pemakaian lip grip juga akan mengakibatkan kerusakan mulut ikan.

 

Bahkan juga sebagian lip grip ketika dipakai untuk mengangkat ikan akan sisi ujungnya juga akan menembus sisi bawah rahang ikan. Hal semacam ini pasti juga akan buat ikan cacat, terutama di bagian mulut. Oleh karenanya bila memakai lip grip cermati ikan yang juga akan didaratkan.

 

Teknik Mouth Pick-Up

 

Teknik mendaratkan ikan seperti ini lebih mengandalkan kemampuan tangan, terlebih dengan pertolongan jari jempol serta jari telunjuk. Langkahnya yaitu dengan memegang bibir ikan dengan memakai jempol serta jari telunjuk lantas mengangkatnya secara perlahan-lahan serta hati-hati ke darat. Teknik mengangkat ikan macam inisangat aman untuk ikan, karna waktu mulut ikan telah dipegang erat perlawanan ikan juga akan berkurang.

 

Tetapi, teknik seperti ini juga mempunyai resiko seperti jari terserang gigitan dari gigi ikan atau kemungkinan terserang kail bila keadaan ikan masih tetap sangatlah kuat untuk melakukan perlawanan. Oleh karenanya bila yang didaratkan merupakan ikan-ikan bergigi tajam seperti, Gabus, Toman, Barakuda, dan lain-lain, jadi jauhi pemakaian teknik ini.

 

Diluar itu bila di rasa ikan masih tetap cukup kuat untuk lakukan perlawanan, jadi lebih baik pakai teknik lain saja untuk mengangkat ikan. Bila anda bersikukuh ingin memakai teknik ini pastikan terlebih dulu ikan sudah lemas karna perlawanan serta ikan itu tidak mempunyai gigi yang tajam.

 

Teknik Gaff Landing

 

Teknik mendaratkan ikan seperti ini yaitu dengan memakai pertolongan alat yang bisa berbentuk tombak serta ganco. Umumnya teknik begini seringkali dipakai waktu pemancing ada di ketinggian tertentu. Umpamanya saja seseorang pemancing ada diatas kapal atau landbase dengan ketinggian tertentu. Waktu ikan mendekat jadi selekasnya pakai alat bantu baik tombak ataupun ganco untuk mendaratkan Ikan.

 

Memakai teknik ini juga akan buat ikan lebih rawan dengan cacat, karna ujung tombak serta ganco mengenai sisi badan ikan hingga bikin ikan teluka. Pakai teknik ini bila anda punya niat untuk membawa pulang ikan untuk dikonsumsi. Bila dipaksa untuk di-release kembali, jadi peluang bertahan hidup akan tidak lama.

 

Teknik Netting

 

Teknik netting adalah teknik yang paling aman baik untuk pemancing ataupun untuk ikan. Memanglah sepintas tampak gampang untuk memakai teknik ini, karna kita cuma cukup menyerok ikan yang telah mendekat. Tetapi kenyataannya, ketika ikan mendekat untuk diserok kerapkali ikan takut serta coba kabur dengan kemampuan yang tersisa. Beberapa masalah waktu ikan berupaya kabur, karna hal seperti ini, ikan terlepas dari kail serta berhasil kabur saat sebelum didaratkan.

 

Jadi langkah paling baik untuk memakai teknik ini yaitu dengan meyakinkan terlebih dulu ikan sudah ada dalam keadaan lemas sesudah lakukan perlawanan. Selanjutya minta pertolongan rekan yang ada di sekitaran kita untuk menyerok ikan dari bawah.

 

Ikan diserok dengan perlahan-lahan tanpa buat ikan takut serta yakinkan seluruh tubuh ikan sudah masuk kedalam jaring, lalu angkat perlahan-lahan. Teknik netting ini begitu direferensikan untuk pemancing yang seringkali mengaplikasikan teknik ”Catch And Release“.

 

Teknik Eye Pick-Up

 

Teknik mendaratkan ikan seperti ini lebih memercayakan tangan kosong seperti teknik pertama. Tetapi perbedaannya terdapat di bagian yang dipegang. Bila teknik pertama dipegang pada mulut, jadi teknik ini mengangkat ikan dengan memegang serta sedikit menghimpit ruang mata ikan. Dengan teknik ini ikan semakin lebih cepat didaratkan tanpa ada pelawanan yang alot.

 

Tetapi dampak yang diakibatkan dari pemakaian teknik ini yaitu ikan juga akan alami cacat di bagian mata. Hingga tidak dianjurkan untuk yang mengaplikasikan teknik ”Catch and Release“.

 

Demikian beberapa teknik mendaratkan ikan dari berbagi sumber, para mania sendiri cenderung menggunakan teknik yang mana?

 

Source:MM

Rp 163.000
Rp 215.000
Rp 45.000
habis
Rp 338.000
Rp 101.500
habis
Rp 201.000

Address & Contact Person

Jln. Ahmad Yani 348 B, kartasura,
Sukoharjo – Jawa Tengah
Indonesia

0856 417 01234 ( Whats App )
0821 383 01234 ( Whats App )
PinBB D552C0EC
——————————————–
Admin Grosir :
0856 4065 2225 (Whats App )

Kasir:
SCAN barcode dibawah ini
kasir langgeng pancing

Fitur chat WA bisa digunakan untuk smartphone dan untuk PC komputer harap mengaktifkan WA web terlebih dahulu di sini https://web.whatsapp.com/id

Bisa chat Facebook juga diipojok kiri bawah 🙂

Rekening Bank

Azis Triyanto No rek 3920262529
Azis Triyanto No Rek 900 00 0270524 3
Azis Triyanto No Rek 0261590499
Azis Triyanto No Rek 3591 01 001233 50 7

Pengiriman

Facebook Fanpage