08.00 - 21.00 085641701234 - 082138301234 D552C0EC085641701234, 082138301234

Trik Cara Memancing Ikan Nila Liar(klik Disini!)

Saturday, February 10th 2018.

2. Cara Mancing Ikan Nila Liar

Image result for gambar ikan nila liar

mancing ikan nila

photobucket.com

Berdasarkan pengamatan oleh beberapa penghobi yang sudah sangat berpengalaman dibidang memancing ikan. Ikan nila liar hidupnya selalu bergerombol, baik ketika berenang ketepian ataupun pada saat berenang di daerah kedalaman. Ikan nila yang mau makan cirinya selalu berenang di pinggiran.

Jika memancing di daerah pinggiran (daerah dangkal) tidak berhasil. Bisa dipastikan bahwa semua ikan nila sudah sembunyi di kedalaman secara bergerombol.

Memancing ikan nila sebenarnya akan lebih mudah ketika sudah musim penghujan. Karena jenis binatang air tawar ketika hujan kandungan oksigen di dalam air semakin meningkat, akhirnya ikan air tawar yang diantaranya ikan nila mudah sekali lapar.

Selain mudah lapar, ikan nila juga memiliki kebiasaan untuk berenang ketepian mengikuti volume air yang semakin bertambah. Oleh sebab itu, memancing di bawah jatuhnya air hujan yang deras akan semakin mempermudah bagi para pemancing.

Pada saat musim penghujan juga, ikan ini akan lebih sering berenang ketepian. Meskipun umpan nila yang dipakai biasa-biasa saja, dan tidak memakai resep khusus ataupun esen umpan. Sudah pasti nila akan menyambar kail pancing yang sudah dilempar.
Umpan Mancing Ikan Nila

mancing ikan nila

mancing ikan nila

youtube.com

Umpan adalah hal penting yang mempengaruhi keberhasilan memancing. Ada berbagai jenis spesies ikan air tawar, sehingga umpan yang dipakai pun berbeda-beda. Sehingga diperlukan pengetahuan tersendiri untuk kalangan pemancing dalam memilih umpan yang pas bagi target ikan tertentu.

Umpan jitu mancing ikan air tawar terbaik dapat digunakan ramuan dari cacing, kroto, jangkrik, udang kecil dan kroto. Anda bisa mengolah racikan umpan sendiri menggunakan umpan-umpan tadi dengan ditambah bahan-bahan pelengkap tertentu untuk menghasilkan sebuah ramuan umpan yang disukai ikan terget.
1. Cara Membuat Umpan Ikan Nila dengan Pelet

mancing ikan nila
mancing ikan nila

essenkilogebrus.com

Memancing ikan nila dengan pelet biasanya dilakukan di kolam atau sungai. Untuk pelet bisa memakai pelet serbuk atau pelet yang dlm bentuk bundar kecil.

Untuk memancing, pelet sebelumnya harus diolah dulu agar terlihat dan kenyal. Hal ini untuk mempermudah ketika dipasang di kail nantinya. Pengolahan pelet untuk memancing cukup mudah dan gak perlu campuran apa-apa, karena pelet sendiri baunya sudah cukup menggoda nila.

Cara pembuatan umpan pelet:

Untuk pelet dalam bentuk serbuk pembuatannya cukup mudah. Campurkan pelet dengan air secukupnya, kemudian remas-remas hingga dirasa cukup kenyal dan tidak mudah hancur jika terkena air.
Untuk pelet dalam bentuk bulatan cara pembuatannya adalah masukkan pelet ke dalam air panas kurang lebih 1 menit, hingga pelet sudah sedikit mengembang, kemudian tiriskan. Setelah itu diamkan sejenak sampai pelet akan mengembang. Setelah mengembang remas pelet hingga menjadi liat atau mudah dibentuk.

Cara pemasangan umpan pelet:

Ambilah pelet yang sudah liat secukupnya, buatlah bulatan kecil dan pasanglah pada kail hingga kail tertutup pelet. Jika Anda memancing disungai sebaiknya buatlah bulatan2 yang agak besar, hal ini dikarenakan disungai biasanya banyak ikan2 kecil.

Umumnya pelet sangat disukai oleh ikan-ikan kecil, seperti wader, sedaker, uceng, dll. Jadi, ketika diserang ikan-ikan kecil seperti ini pelet tidak mudah habis. Biasanya ikan nila tertarik mendekat bila melihat kumpulan ikan kecil berebut makanan. Jadi ketika pancing terasa ada tarikan kuat, segera tarik pancing.
2. Cara Membuat Umpan Ikan Nila Babon

mancing ikan nila
mancing ikan nila

prothom-alo.com

Memancing nila babon dengan umpan cutton bud sebenarnya adalah tehnik mancing dengan cara membuat ikatan rangkaian pancing di mana pada bagian mata kail dimasukkan beberapa potongan kecil cutton bud berwarna putih.

Jika tidak ada Anda bisa menggunakan butiran kecil sterofom bekas sterofom alat elektronik seperti tv , dvd , dan lain sebagainya.

Umpan rangkaian hook yang masing-masing mata kail sudah diberi umpan potongan cutton bud atau potongan butiran sterofom (busa) itu kemudian cara mancingnya masih seperti biasanya orang mancing, lempar umpan setrofom atau cutton bud tadi ke dalam perairan yang sudah diprediksi terdapat ikan nila target mancing.

Untuk peranti pendukung juga masih sama rangkaian joran (Rod), senardan reel (ada juga yang menggunakan gulungan biasa).
3. Campuran Umpan Lumut Mancing Nila

mancing ikan nila
mancing ikan nila

YouTube.com

Untuk memilih campuran umpan lumut mancing nila, ada baiknya Anda memperhatikan jenis lumut yang dipilih. Anda bisa membuat campuran umpan lumut mancing nila dengan memilih lumut sungai yang masih segar. Lumut sungai ini bisa Anda dapat dari sungai itu sendiri atau bebatuan yang ada di sekitar daerah persawahan.

Untuk memilih campuran umpan lumut mancing nila, Anda bisa memilih yang masih segar, hijau, dan sudah memiliki helaian yang merupakan tanda bahwa lumut tersebut sudah tua.

Jika Anda merasa kesulitan untuk mendapatkan umpan dengan bahan lumut, biasanya ini sudah disediakan di sepanjang jalan menuju waduk atau danau pemancingan.

Anda bisa menggunakan lumut murni sebagai umpan untuk memancing ikan nila. Namun, tak menutup kemungkinan campuran umpan lumut mancing nila dapat digabung dengan cacing dan juga pelet jika Anda memilikinya.

Caranya membuatnya mudah. Anda hanya perlu menghaluskan lumut dan mencampurnya dengan pelet serta cacing. Dengan begitu, umpan sudah siap untuk diberikan pada ikan nila yang ada di kolam ikan.

Atau, bisa juga Anda memakai umpan dari lumut sawah. Campurkanlah esen pandan pada lumut supaya baunya wangi yang akan menambah ketertarikan ikan Nila. Cara ini adalah racikan paling simpel bagi Anda yang tidak mau repot.
4. Umpan Mancing Ikan Nila di Danau

mancing ikan nila
mancing ikan nila

guim.co.uk

Umpan mancing ikan nila di danau bisa menggunakan umpan yang berbahan lumut yang banyak hidup dipersawahan. Lumut sawah yang bisa digunakan untuk umpan memancing adalah lumut yang berusia tua atau lumut yang sudah ranum.

Yang paling perlu diperhatikan adalah ukuran lumut yang panjang. Sehingga nanti lumut tersebut mudah untuk dikaitkan dengan mata pancing.

Lumut yang memiliki bentuk menyerupai rambut dengan warna hijau tua ini sangat mudah didapati di area sawah atau bisa juga didaerah parit kecil yang tergenang air.

Jika umpan mancing ikan nila di danau dengan menggunakan umpan lumut sawah ini maka ikan nila akan tertarik dan segera memakan umpan tersebut. Lumut juga sangat cocok untuk memancing nila liar yang berukuran induk atau babon.

Umpan mancing ikan nila di danau juga bisa menggunakan umpan dari cacing. Namun cacing yang digunakan tidak boleh sembarangan, hanya bisa menggunakan cacing laut atau cacing merah.

Ikan nila yang hidup di danau paling menggemari cacing laut, sehingga umpan dengan cacing jenis ini sangat efektif.

Cacing laut sebenarnya hanya sebutan saja untuk jenis cacing kecil-kecil dengan kaki lembut mirip dengan kelabang. Cacing ini banyak dijumpai di daerah sawah atau sungai-sungai kecil yang berdekatan dengan wilayah laut atau di kawasan pesisir pantai.

Jika sulit menemui di alam, Anda bisa membeli cacing ini di toko-toko penjual pakan burung atau di toko khusus perlengkapan mancing.

Tips jika Anda ingin menggunakan umpan mancing ikan nila di danau, maka gunakanlah umpan cacing laut. Karena cacing laut yang dikaitkan dengan mata pancing itu mudah putus ketika digunakan.

Maka tak ada salahnya jika Anda membawa cadangan cacing laut yang lebih banyak agar Anda tidak kehabisan umpan ketika tengah bergelut dengan ikan nila liar yang besar.

 

(source: MM)

Rp 726.000
habis
Rp 530.000
Rp 145.000
Rp 485.000
Rp 32.000
Rp 1.235.000

Address

Jln. Ahmad Yani 348 B, kartasura,
Sukoharjo – Jawa Tengah
Indonesia

0856 417 01234 ( Whats App )
0821 383 01234 ( Whats App )
PinBB D552C0EC
——————————————–
Admin Grosir :
0856 4065 2225 (Whats App )

Bisa chat juga lho tuh dipojok kanan bawah 🙂

Rekening Bank

Azis Triyanto No rek 3920262529
Azis Triyanto No Rek 900 00 0270524 3
Azis Triyanto No Rek 0261590499
Azis Triyanto No Rek 3591 01 001233 50 7

Pengiriman

Facebook Fanpage