08.00 - 21.00 085641701234 - 082138301234 085641701234, 082138301234

10 Satwa Laut Ini Wajib Diwaspadai Pemancing

Jumat, Agustus 3rd 2018.

10 Satwa Laut Ini Wajib Diwaspadai Pemancing

 

Satwa Laut Ini Wajib Diwaspadai PemancingPatut diketahui oleh para pemancing laut, bahwa kebanyakan ikan dan binatang yang hidup di laut mempunyai alat perlindungan diri untuk mempertahankan dirinya dari pemangsa, selain itu mereka juga mempunyai senjatanya masing-masing yang membantu mereka dalam mendapatkan makanannya. Senjatanya itu bisa berupa duri yang berbahaya, gigi tajam dan racun, yang diantaranya sangat membahayakan dan berakibat fatal bagi manusia.

Berikut ikan-ikan laut yang harus diwaspadai pemancing :

1. Baronang (Rabbit Fishes)

Rabbit fish atau lebih dikenal sebagai ikan baronang merupakan salah satu ikan target pemancing. Ikan ini merupakan ikan dengan daya juang yang tinggi dengan cara makan yang baik pula. Rabbit fish atau baronang memiliki duri yang beracun/berbisa pada sirip punggung (dorsal fin), sirip panggul (pelvic fin) dan sirip duburnya (anal fin).

2. Buntal (Pufferfishes)

Pufferfishes lebih dikenal dengan nama buntal. Ikan ini tidak bisa berhenti makan dan mencuri umpan dan memutuskan tali pancing kita. Buntal akan menggembungkan badannya dalam upaya untuk menakut-nakuti pemangsa. Beberapa spesies buntal dapat dimakan asal kita tahu dalam memusnahkan racunnya. Untuk amannya, lebih baik tidak usah mencobanya.

3. Belut Laut (Moray Eels)

Belut laut paling menjengkelkan karena sering memakan pancing adalah Morray Estaurine. Belut ini jika makan kail tidak terasa, kalau kita angkat seperti nyangkut. Belut laut badannya berlendir dan biasa melilitkan dirinya pada kenur/tali pancing kita sehingga leader/rig akan rusak dibuatnya. Hati-hatilah terhadapnya, mereka memiliki taring membengkok ke dalam mulutnya dan jika jari kita sampai tergigit, sulit untuk dikeluarkan dari dalam mulutnya.

4. Cacing Laut (Bristle Worm)

Bristle worm sejenis cacing laut, mereka memiliki banyak rambut setajam jarum dan beracun. Bristle worm berenang dengan menggeliat-geliatkan dirinya di air, tetapi lebih sering berpindah dengan menghanyutkan dirinya bersama arus pasang surut. Cacing ini dapat meregangkan mulutnya dengan lebar untuk menelan makanan sebesar tubuh mereka sendiri, sehingga secara tidak sengaja mereka dapat memakan umpan pancing kita. Jika kebetulan mendapatkan jenis cacing ini, jangan memegangnya dengan tangan kosong. Bulu-bulu halus cacing ini dapat menusuk kulit yang akan menyebabkan rasa sangat menyakitkan.

5. Sembilang

Sembilang termasuk jenis ikan laut. Biasanya hidup di laut dangkal, tak jarang juga banyak hidup di muara sungai. Terdapat 2 jenis sembilang, sembilang batu dan sembilang lubang. Sembilang batu hidupnya di celah batu dan sembilang lubang hidupnya di lubang-lubang yang dibuatnya sendiri.

6. Scorpion Fish

Ikan ini dapat menyerang kita dengan sengat beracunnya. Jangan main-main dengan ikan jenis ini, sengatannya dapat mematikan manusia jika tidak segera ditangani. Scorpion memiliki sengat yang banyak di bagian kepalanya dan juga duri di sirip-siripnya. Disarankan jangan memegang ikan ini dengan tangan telanjang maupun menggunakan kain. Gunakanalah tang (plier) yang panjang demi keselamatan. Meskipun ikan ini dapat dimakan namun harus berhati hati dalam menanganinya.

7. Scat

Scats banyak ditemukan di perairan payau seperti muara sungai atau daerah rawa. Scats memakan apa saja dan merupakan ikan target pemancing dengan daya juang tinggi. Jika pancing kita mendapatkan ikan ini, harus berhati-hati pada duri beracun yang terdapat pada sirip punggungnya. Duri ini akan menegak saat kita mencoba untuk memegangnya.

9. Talang-talang (Queenfish)

Kebanyakan pemancing tidak menyadari queenfish atau talang-talang mempunyai patil atau duri berbisa pada bagian belakang, persis di depan sirip punggungnya (dorsal fin). Duri-duri itu menghadap ke samping hingga memudahkan ikan untuk menusuk yang memegangnya dengan tidak berhati-hati apalagi dengan tangan kosong. Sengatannya sangat menyakitkan dan berlangsung dalam waktu lama.

10. Todak (Needlefishes)

Needlefishes atau ikan todak sering terlihat berenang dipermukaan air untuk berburu ikan kecil sejenis teri. Paruh panjang serta gigi tajam membantunya untuk menusuk dan melumpuhkan mangsa. Gigi todak jauh lebih seram jika dibanding dengan gigi buaya. Luka besar dan berdarah dapat dialami jika kita sampai tergigit olehnya.

 

Sumber : kabarmancing.com

Rp 160.000
habis
Rp 19.500
Rp 3.000
Rp 73.000
habis
Rp 510.000
Rp 5.000
habis

Harga Grosir

Grosir Pancing

Umpan Emas

umpan djempol, umpan ikan timbro, umpan ikan mas

Curve Catalog

Curve Pancing

Follow Us

instagram langgeng pancing

Address & Contact Person

Jln. Ahmad Yani 257,Banaran, Pabelan, kartasura,
Sukoharjo – Jawa Tengah
Indonesia

0856 417 01234 ( Whats App )
0821 383 01234 ( Whats App )
——————————————–
Admin Grosir :
0856 4065 2225 (Whats App )

Kasir:
SCAN barcode dibawah ini
kasir langgeng pancing

Fitur chat WA bisa digunakan untuk smartphone dan untuk PC komputer harap mengaktifkan WA web terlebih dahulu di sini https://web.whatsapp.com/id

JADWAL BUKA

Senin – Sabtu : 08.00–21.00 (ISHOMA 17:30 – Ba’da Isya’) Setelah Isya’ BUKA
Minggu : 09.00–15.00

Jam Sholat Tutup 15 menit

Terima Kasih

Rekening Bank

Azis Triyanto No rek 3920262529
Azis Triyanto No Rek 900 00 0270524 3
Azis Triyanto No Rek 0261590499
Azis Triyanto No Rek 3591 01 001233 50 7

Pengiriman

Facebook Fanpage