08.00 - 21.00 085641701234 - 082138301234 085641701234, 082138301234

13 Cara Mengatasi Ikan Arwana Kurang Nafsu Makan

Jumat, Agustus 3rd 2018.

13 Cara Mengatasi Ikan Arwana Kurang Nafsu Makan

 

Arwana merupakan ikan hias air tawar yang memiliki harga tinggi dengan ukuran tubuh bisa mencapai 1 meter dan bahkan ada jenis ikan arwana tertentu yang bisa mencapai panjang 2 meter. Sisik dari ikan arwana berukuran besar dengan tubuh panjang dan kuat. Ikan arwana juga memiliki barbel pada mulut yang serupa dengan kumis sehingga sering dianggap simbol naga yang hidup dan mendapat julukan ikan naga. Dalam memelihara ikan arwana sendiri tidak bisa dibilang mudah namun juga tidak susah.beberapa cara mengatasi ikan arwana kurang nafsu makan

1. Pancing Dengan Makanan Kesukaan Arwana

Tips pertama untuk mengatasi ikan arwana yang kurang nafsu makan bisa dilakukan dengan memberikan makanan kesukaan arwana

Dalam memilih makanan kesukaan arwana, maka harus disesuaikan dengan ukuran arwana yang anda miliki. Untuk arwana yang masih kecil, maka bisa dipancing dengan memberikan cacing beku. Namun untuk ikan arwana dewasa bisa diberikan cacing tanah. Cacing beku atau cacing tanah sama sama bisa diberikan untuk ikan arwana dengan ukuran dibawah 18 cm.

Sedangkan untuk ikan arwana diatas 18 cm bisa diberikan dengan jangkrik, udang, ulat hongkong dan ulat jerman. Selanjutnya untuk ikan arwana dengan ukuran lebih dari 25 cm bisa diberikan apa saja sesuai kesukaan arwana anda.

2. Tambahkan Dengan Arus

Menambahkan arus dalam akuarium menjadi cara terbaik selanjutnya untuk merangsang rasa lapar dari ikan arwana

Menambahkan arus nantinya bisa membuat ikan arwana yang anda miliki akan berenang melawan arus tersebut sehingga bisa merangsang rasa laparnya. Hal yang perlu diperhatikan ketika akan menambahkan arus adalah memastikan arus tidak terlalu kencang karena bisa membuat ikan arwana stress.

3. Jangan Berikan Pakan Terlalu Banyak

Banyak pemilik arwana yang  berpikir jika memberikan banyak makan pada ikan arwana, maka membuat tubuhnya bisa semakin cepat besar. Meski hal tersebut memang benar, akan tetapi interval tetap harus diperhatikan yakni jangan terlalu banyak diberikan dalam sekali waktu makan dan membuat arwan

Hal ini bisa menyebabkan ikan arwana mogok makan hingga 1 sampai 2 hari karena masih kekenyangan Arwana nantinya membutuhkan lebih banyak waktu untuk mencerna makanan dan baru akan kembali makan jika proses pencernaannya sudah selesai.

Hal terbaik yang bisa anda lakukan adalah memberi makanan yang cukup dalam sekali pemberian makan dan bisa dilakukan sebanyak 2 hingga 3 kali sehari tergantung dari selera makan arwana anda. Sangat penting untuk memastikan ikan arwana tidak terlalu kenyang supaya bisa selalu makan dengan lahap.

4. Variasikan Makanan

Seperti jenis hewan lain dan juga manusia, ikan arwana juga membutuhkan makanan bervariasi untuk mencukupi kebutuhan nutrisi sekaligus menambah nafsu makan ikan arwana milik anda.

Pemberian pakan monoton seperti hanya memberikan ikan atau hanya memberikan jangkrik tidak akan mencukupi kebutuhan nutrisi arwana sekaligus membuatnya lebih cepat bosan. Untuk itulah, sebaiknya berikan makanan bervariasi pada arwana setiap hari untuk mencegah penurunan nafsu makan

5. Memastikan Kestabilan Air

Menjaga kondisi air dalam akuarium tetap stabil juga sangat penting untuk menjaga nafsu makan dari arwana. Tidak hanya faktor kesehatan arwana yang sangat bergantung dengan kondisi air, namun kestabilan air nantinya juga bisa menjaga nafsu makan ikan arwana agar selalu baik.

Ketika anda menguras air, maka pastikan untuk tidak mengurangi jumlah akuarium terlalu banyak namun hanya perlu 20 sampai 30% saja setiap 2 hingga 3 hari sekali. Selain itu, pastikan juga air pengganti yang anda gunakan sudah terbebas dari kaporit dan air mengandung banyak oksigen.

6. Cuci Kapas Dengan Berkala

Mencuci kapas akuarium dengan berkala juga sangat penting dalam mengatasi ikan arwana mogok makan sebab kondisi air yang kotor bisa meningkatkan stress ikan arwana dan berdampak pada penurunan nafsu makan ikan tersebut. Sebaiknya, cuci kapas setiap 2 hingga 3 hari sekali

Cuci kapas dan ganti dengan yang baru. Namun jika akan mengganti kapas dengan yang baru, maka pastikan kapas baru tersebut sudah direndam dalam air selama 24 jam sebelum digunakan.

7. Atur Pemanas dan Penerangan Dengan Baik

Pengaturan pemanas atau heater sangat penting dilakukan untuk mengatasi ikan koi mogok makan. Pengaturan heater paling tepat untuk ikan arwana adalah sekitar 30 derajat celcius. Selain heater, faktor penerangan juga tidak kalah penting untuk dilakukan. Pastikan penerangan pada akuarium cukup dan tidak terlalu gelap untuk mengembalikan nafsu makan ikan arwana anda.

8. Tambahkan Perlengkapan Akuarium

Segala kebutuhan ikan arwana sangat penting untuk dilengkapi baik dari segi makanan ataupun peralatan dalam akuarium supaya tidak mengurangi nafsu makan ikan arwana

Kondisi akuarium yang bersih tidak hanya bisa menambah nafsu makan ikan arwana namun juga memastikan ikan arwana tidak terjangkit penyakit.

9. Setting Akuarium Seperti Habitat Asli

Arwana yang tidak mau makan juga bisa terjadi karena lingkungan dalam akuarium tidak sesuai dengan lingkungan aslinya sehingga meningkatkan stress pada ikan arwana yang kemudian diikuti dengan penurunan nafsu makan.

Untuk itu, sebaiknya lengkapi akuarium dengan berbagai perlengkapan sehingga membuat akuarium terlihat seperti habitat aslinya seperti tumbuhan air, pasir dan juga bebatuan.

10. Berikan Kelabang

kelabang merupakan makanan yang bisa menambah nafsu makan ikan arwana, baik untuk pertumbuhan dan juga bisa mencerahkan warna ikan arwana karena mengandung beta karoten. Selain itu, kelabang juga merupakan salah satu jenis makanan kesukaan ikan arwana sehingga sebaiknya hanya diberikan ketika ikan arwana tidak nafsu makan, sebab bisa membuat arwana tidak mau makan makanan yang lain.

11. Berikan Pil Penambah Nafsu Makan

Cara mudah lain untuk mengatasi ikan arwana yang tidak nafsu makan bisa dilakukan dengan memberikan pil penambah nafsu makan khusus arwana yang bisa didapatkan di toko toko penjual ikan dan perlengkapan arwana.

Pil ini bisa diberikan sebanyak satu kali dalam sehari atau disesuaikan dengan dosis yang tertulis dalam kemasan dan ikuti juga petunjuk pemberian dengan benar. Komposisi dalam pil penambah nafsu makan ikan arwana tersebut sudah diformulasikan khusus agar bisa meningkatkan masalah mogok makan pada arwana yang bisa dibeli dengan harga terjangkau.

Rp 5.975.000
habis
Rp 72.000
habis
Rp 85.000
Rp 124.000
Rp 35.000
habis
Rp 222.000
habis

Harga Grosir

Grosir Pancing

Umpan Emas

umpan djempol, umpan ikan timbro, umpan ikan mas

Curve Catalog

Curve Pancing

Follow Us

instagram langgeng pancing

Address & Contact Person

Jln. Ahmad Yani 257,Banaran, Pabelan, kartasura,
Sukoharjo – Jawa Tengah
Indonesia

0856 417 01234 ( Whats App )
0821 383 01234 ( Whats App )
——————————————–
Admin Grosir :
0856 4065 2225 (Whats App )

Kasir:
SCAN barcode dibawah ini
kasir langgeng pancing

Fitur chat WA bisa digunakan untuk smartphone dan untuk PC komputer harap mengaktifkan WA web terlebih dahulu di sini https://web.whatsapp.com/id

JADWAL BUKA

Senin – Sabtu : 08.00–21.00 (ISHOMA 17:30 – Ba’da Isya’) Setelah Isya’ BUKA
Minggu : 09.00–15.00

Jam Sholat Tutup 15 menit

Terima Kasih

Rekening Bank

Azis Triyanto No rek 3920262529
Azis Triyanto No Rek 900 00 0270524 3
Azis Triyanto No Rek 0261590499
Azis Triyanto No Rek 3591 01 001233 50 7

Pengiriman

Facebook Fanpage