08.00 - 21.00 085641701234 - 082138301234 085641701234, 082138301234

17 Solusi Jitu Memenangkan Pertarungan Galatama Lele

Senin, Agustus 28th 2017.

galatama lele merupakan jenis ikan predator yang memakan semua umpan di bagian dasar termasuk di habitat kolam galatama. Namun hal tersebut juga tergantung dengan kondisi air yang terdapat di lapak yang ditempati. Terkadang, dalam suatu kolam pemancingan antara satu lapak dengan lapak lainnya pH air bisa berbeda dikarenakan tumpukan bekas umpan dan sampah. Kondisi seperti ini menyebabkan ikan cenderung memakan umpan yang berada diatas.

Ada beberapa solusi/ tips agar sukses dalam perlombaan galatama Lele antara lain :

1. Hal pertama yang harus diketahui para pemancing adalah wajib mengetahui umpan yang sedang jalan di kolam pemancingan.

2. Kedua, mengetahui kondisi cuaca, kelembaban, dan kadar pH air kolam pada saat itu. Hal ini berguna bagi para pemancing yang menggunakan campuran oplosan essen untuk umpan dasar seperti aroma amis, asem atau wangi.

3. Ketiga untuk kolam galatama yang menerapkan peraturan menggunakan pelampung, cara nya adalah dengan mengakali stoper pelampung juga harus dimainkan sampai ketemu ukuran yang mau disambar ikan. Ketika ukuran sudah pas jangan pernah dirubah lagi.

4. Untuk galatama yang menggunakan teknik glossor, usahakan menggunakan umpan hidup seperti kecebong, ikan Mas kecil, atau umpan dasar Lele yang melayang-layang dan minimal tidak cepat tenggelam. Untuk penggunaan umpan yang mudah rontok seperti ampas sisa penggorengan ayam, keju, pelet dan daging.

5. Upayakan mencari spot ikan banyak (spot ikan terbaik di ketahui dengan cara bertanya kepada caddy atau pemancing yang telah mancing lama di kolam tersebut). Setelah di ketahui spot-nya , pemancing mengebom titik tersebut (maksimal dua titik spot ) untuk selanjutnya melempar umpan di titik spot tersebut seperti teknik memancing ikan mas.

Untuk kolam yang tidak boleh menggunakan bom maka untuk lemparan awal (dua atau tiga lemparan) gunakan umpan agak besar dari biasanya setelah itu langsung ditarik agar umpan rontok dan ikan Lele diharapkan berkumpul di spot tersebut.

6. Apabila menggunakan umpan hidup seperti kecebong, anakan lele, anak ikan Mas atau umpan lainnya yang bergerak sebaiknya kail langsung diikatkan ke benang dan pelampung dan dimaksimalkan sehingga ukurannya melebihi dasar kolam. Dengan tiadanya beban selain kail maka umpan akan bergerak bebas didasar kolam dan tentunya akan menarik perhatian dari ikan induk . Namun demikian bilamana kita menggunakan anak Katak sebagai umpannya maka berikan sedikit timah daun pada benang dengan jarak lebih kurang 30 cm dari kail dengan tujuan agar anak katak tidak bisa berenang kepermukaan air.

Untuk hasil lebih maksimal sebelum di lemparkan umpan tersebut sebaiknya di celupkan kedalam air campuran yang mengandung unsur asem atau wangi. Seperti campuran air marimas, extra joss , atau campuran lain sebagai pemikat ikan supaya menghampiri (catatan :air campuran tadi silahkan kita berkreasi dengan melihat kondisi cuaca saat itu. Air campuran tadi tidak boleh mematikan umpan hidup yang dipakai ).

7. Apabila menggunakan umpan jenis cacing upayakan menggunakan tehnik casting (lempar kemudian gulung perlahan). Namun bilamana rekan-rekan lebih suka nitik , upayakan umpan ada didasar kolam dan pilihlah cacing Lur atau cacing laut sebagai umpannya. Upayakan memasang lebih dari satu ekor cacing sehingga terbentuk gumpalan cacing yang bergerak dinamis dan tentunya akan menarik perhatian si ikan. Kalau kolam pemancingan memperbolehkan bom, maka serings-seringlah membom ke spot yang diinginkan dengan cacing di campur tanah, supaya ikan berkumpul .

8. Karena pengaruh kondisi cuaca, kelembaban, dan pH air kolam , Ikan Lele memiliki selera makan yang cepat berubah. Untuk itu bawalah beberapa jenis umpan dan sesuaikan dengan umpan yang tengah berjalan di kolam tempat Anda biasa mancing. Bilamana umpan andalan tidak tidak berhasil segeralah ganti dengan umpan lainnya yang tengah berjalan, atau bilamana kita menggunakan pelet/daging bawalah beberapa essen untuk menyesuaikan dengan selera ikan pada saat itu.

9. Untuk mendapatkan hasil tangkapan yang maksimal di suatu kolam pemancingan tentunya kita harus bersabar melakukan pembinaan umpan di kolam tersebut , karena tidak ada hasil yang instan tetapi harus melalui proses agar umpan kita di kenali oleh ikan di kolam tersebut.

10. Untuk kolam pemancingan galatama yang umurnya masih kurang dari 3 bulan, penggunaan umpan hidup seperti jangkrik cenderung lebih unggul dikarenakan ikan lele baru lebih menyukai memakan umpan yang masih segar. Hal lainnya penggunaan umpan yang beraroma busuk disinyalir dapat mengganggu kenyamanan para pemancing lain.

11. Ikan Lele cenderung memakan dengan cara mengejar sehingga bilamana rekan-rekan menggunakan umpan mati (seperti pelet dan daging) upayakan sedikit berada diatas dasar kolam dengan tujuan supaya umpan bisa bergerak bebas (bergoyang-goyang) bilamana ada ikan yang menghampirinya. Untuk hasil lebih maksimal gunakan campuran aroma essen yang sesuai dengan kondisi air dan cuaca di kolam pemancingan tersebut.

12. Dalam menggentak (melakukan strike) joran, ketika ada tanda ikan lele memakan umpan tidaklah sama dengan ikan Mas. Untuk teknik galatama yang menggunakan pelampung, ketika pelampung bergerak atau tenggelam belum tentu ikannya makan, bersabarlah sedikit sampai pelampung bergerak atau tenggelam selama beberapa detik baru digentak.

13. Sedangkan untuk kolam galatama yang menggunakan teknik glossor ada beberapa hal yang harus diperhatikan antara lain: pertama warna kenur menggunakan warna terang, kedua ketika kenur di pakai usahakan jangan terlalu kendur di ujung permukaan air ketika mancing lemparan jauh (supaya kelihatan ada tarikan ketika umpan di makan ikan, dan untuk lemparan dekat jangan terlalu kencang sebab joran bisa terbawa ikan ke kolam.

14. Dalam menggentak joran rekan-rekan tidak terlalu cepat atau lambat menariknya (gunakan insting anda), apabila itu tidak di lakukan maka bisa dipastikan akan sering kehilangan momentum untuk mendapatkan ikan. dan tentunya waktu kita tersita hanya untuk memasang umpan dan melemparkan kail Anda kembali.

15. Apabila target rekan-rekan dalam memancing ikan adalah indukan (babon) dan ketika kondisi air pemancingan normal, maka kecendrungan ikan induk akan berada di dasar kolam oleh karena itu umpan sebaiknya berada didasar kolam.

16. Untuk pemancingan galatama ikan lele yang menggunakan teknik pelampung, peranan stoper dan pelampung memainkan peranan yang sangat penting, jadi jangan pernah segan-segan untuk menyetelnya.

17. Ketika kita awal memancing jangan lupa kita berdoa kepada yang maha kuasa, jaga kesehatan, dengan kondisi hati tidak sedang galau. Umpan dan teknik merupakan upaya maksimal dari rekan-rekan, selanjutnya nasiblah yang menentukan keberhasilan rekan-rekan dalam meraih sukses mendapatkan ikan.

Source : Ayi Kroto Raja Umpan/ Sonny S-B

17 Solusi Jitu Memenangkan Pertarungan Galatama Lele
Rp 85.000
habis
Rp 785.000
habis
Rp 45.000
habis
Rp 539.000
habis
Rp 380.000
habis
Rp 694.000
habis

Harga Grosir

Grosir Pancing

Umpan Emas

umpan djempol, umpan ikan timbro, umpan ikan mas

Curve Catalog

Curve Pancing

Follow Us

instagram langgeng pancing

Address & Contact Person

Jln. Ahmad Yani 348 B, kartasura,
Sukoharjo – Jawa Tengah
Indonesia

0856 417 01234 ( Whats App )
0821 383 01234 ( Whats App )
——————————————–
Admin Grosir :
0856 4065 2225 (Whats App )

Kasir:
SCAN barcode dibawah ini
kasir langgeng pancing

Fitur chat WA bisa digunakan untuk smartphone dan untuk PC komputer harap mengaktifkan WA web terlebih dahulu di sini https://web.whatsapp.com/id

JADWAL BUKA

Senin – Sabtu : 08.00–21.00 (ISHOMA 17:30 – Ba’da Isya’) Setelah Isya’ BUKA
Minggu : 09.00–15.00

Jam Sholat Tutup 15 menit

Terima Kasih

Rekening Bank

Azis Triyanto No rek 3920262529
Azis Triyanto No Rek 900 00 0270524 3
Azis Triyanto No Rek 0261590499
Azis Triyanto No Rek 3591 01 001233 50 7

Pengiriman

Facebook Fanpage