08.00 - 21.00 085641701234 - 082138301234 085641701234, 082138301234

8 Cara Budidaya Ikan Tawes agar mendapatkan Hasil yang Melimpah

Jumat, Agustus 3rd 2018.

8 Cara Budidaya Ikan Tawes agar mendapatkan Hasil yang Melimpah

Budidaya ikan Tawes adalah budidaya ikan yang sangat gampang sekali berbeda dengan budidaya ikan mas lainnya.Ikan tawes ini bisa bertelur dan beranak sendiri tanpa bantuan kita sebagai orang yang budidayanya. Itulah kelebihan ikan tawes.

Ikan tawes ini banyak dibudidayakan juga oleh para petani ikan dengan tujuan untuk menghasilkan keuntungan yang berlipat bagi para petani ikan tawes. Ikan tawes sendiri sebenarnya banyak jenisnya walaupun banyak jenisnya tetapi bisa dibudidayakan dengan cara yang sama. Karena budidaya ikan tawes ini perlu kemauan dan usaha yang cukup agar dalam pembudidayaan ikan tawes tersebut dapat menghasilkan keuntungan yang sangat melimpah.

Ada beberapa cara budidaya ikan tawes, tetapi kali ini akan menggunakan cara yang mudah dan akan mendapatkan hasil yang sangat memuaskan bagi anda.

Cara-cara untuk membudidayakan ikan tawes dengan mudah dan bisa anda lakukan langkah demi langkah.

1. Modal

8 Cara Budidaya Ikan Tawes agar mendapatkan Hasil yang Melimpah

Modal untuk budidaya ikan tawes tentunya tidak mahal seperti budidaya ikan lainnya, hanya saja disini modal yang paling utama adalah kemauan dan materi yang tidak terlalu besar. Materi bisa digunakan untuk membeli terlebih dahulu bibit ikan tawes kepada para petani ikan tawes, karena disana pasti banyak yang membudidayakan ikan tawes tersebut.

2. Tempat

8 Cara Budidaya Ikan Tawes agar mendapatkan Hasil yang Melimpah
Tempat untuk budidaya ikan tawes tentunya tidak susah juga asal ada kemauan dan kreativitas maka akan berjalan dengan lancar. Tempat yang bagus untuk budidaya ikan tawes sebenarnya lebih bagus persawahan yang luas dibandingkan kolam khusus ikan. Kenapa persawahan lebih bagus dibandingkan kolam ? karena kondisi persawahan adalah tempatnya luas, tidak terlalu dalam, banyak bahan makanan, dan mudah untuk berkembang biak.

Ikan tawes lebih suka pada tempat yang luas karena bisa mereka hidupnya luas dan mencari makan juga lebih banyak tanpa perlu di beri makan. Perkembangbiakan ikan tawes di kawasan persawahan yakni mudah dalam berkembangbiak atau beranak, juga mudah berkembang secara cepat tanpa menunggu waktu yang lama.

Kalau tidak memiliki persawahan yang luas, anda juga tidak salah menggunakan kolam buatan atau kolam biasa, karena ikan tawes juga bisa berkembangbiak dalam kondisi apapun selagi ia mendapatkan pakan makanan yang memadai.

Selain itu juga anda bisa membudidayakan ikan tawes tersebut di dalam aquarium khusus namun perlu aquarium yang bisa tersinari matahari, karena ikan tawes lebih suka dengan cahaya yang dipantulkan oleh matahari secara langsung.

Jika anda memiliki tempat seperti diatas maka patut untuk dicoba agar dalam perkembangbiakan ikan tawes bisa cepat dan menghasilkan banyak.

3. Bibit

8 Cara Budidaya Ikan Tawes agar mendapatkan Hasil yang Melimpah

Bibit ikan tawes tidak perlu banyak, jika anda memiliki tempat luas atur saja secukupnya benih ikan tawes tersebut agar bisa berkembang dengan cepat. Bibit ikan tawes ini bisa anda gunakan yang masih ukuran besar, karena yang besar lebih cepat berkembangbiak dibanding yang masih kecil, maka dari itu, pilihlah ukuran bibit ikan tawes yang sudah besar dan tandanya juga terhindar dari berbagai penyakit.

Bibit ikan tawes ini terserah anda bila anda menebar benih sekitar 5 kg dan di dalamnya sudah siap untuk memulai perkembangbiakan maka anda tidak perlu khawatir karena ikan tawes akan berkembangbiak secara sendiri tanpa perlu campur tangan kita sebagai para budidaya.

4. Perkawinan

Ikan tawes akan melakukan perkawinan suatu saat dan kapanpun selagi ikan tawes nyaman berada di tempat yang tersinari matahari secara langsung, karena ikan tawes memerlukan sinar matahari untuk membantu proses perkembangbiakan nanti.

Sebenarnya ikan tawes juga bisa dilakukan dengan cara dipisahkan oleh para pembudidaya akan tetapi lebih baik biarkan ikan tawes beranak sendiri tanpa ikut campur kita hanya saja kita perlu pengawasan yang khusus agar tidak mati dan terserang penyakit.

5. Kualitas Air

8 Cara Budidaya Ikan Tawes agar mendapatkan Hasil yang Melimpah

Kualitas air untuk ikan tawes sendiri harus lebih bagus dan bersih agar dalam perkembangbiakan nantinya tidak menjadi terhambat dan mati karena dari itu, gunakanlah kualitas air bersih yang bagus untuk ikan tawes agar proses perkembangbiakan nanti menjadi berhasil dan tidak ada kendala yang lainnya.Maka dari itu sebagai para budidaya ikan tawes gunakanlah air yang bagus dan terhindar dari berbagai zat beracun.

6. Pakan makanan

8 Cara Budidaya Ikan Tawes agar mendapatkan Hasil yang Melimpah
Pakan makanan ikan tawes juga tidak perlu yang mewah, daun-daunan juga ia akan makan, apalagi yang mewah pasti akan mereka makan. Untuk pakan ikan tawes yang alami lebih bagus dari bekatul beras dan layer, cacing dan dedaunan. Tetapi jika mau menggunakan pelet juga akan lebih bagus, namun modal akan lebih besar. Karena ikan Tawes tersebut bisa memakan apa saja yang ada disekitar kecuali benda keras.

7. Perawatan

8 Cara Budidaya Ikan Tawes agar mendapatkan Hasil yang Melimpah

Ikan tawes juga kalau mau mendapatkan hasil yang bagus maka dianjurkan beri obat khusus ikan agar tidak terkena oleh berbagai penyakit yang dapat meyerang kesehatannya.

8. Proses Panen

8 Cara Budidaya Ikan Tawes agar mendapatkan Hasil yang Melimpah

Panen ikan tawes berbeda sekali dengan ikan yang lain, jika ikan tawes tumbuh sudah besar di kolam atau dipersawahan maka cukup untuk di panen, dan cara pemanenan juga harus yang sudah besar dan cukup untuk dipasarkan.

Ketika anda sudah memiliki ikan tawes banyak di persawahan ataupun kolam mereka akan sendirinya berkembangbiak lagi dan memiliki banyak keturunan lagi asalkan induk ikan tawes yang besar jangan dipanen biarkan saja dia menjadi bibit di persawahan dan di kolam.

Source:kata.co.id

Rp 55.000
Rp 192.000
habis
Rp 111.000
Rp 400
Rp 5.000
Rp 34.000
habis

Harga Grosir

Grosir Pancing

Umpan Emas

umpan djempol, umpan ikan timbro, umpan ikan mas

Curve Catalog

Curve Pancing

Follow Us

instagram langgeng pancing

Address & Contact Person

Jln. Ahmad Yani 257,Banaran, Pabelan, kartasura,
Sukoharjo – Jawa Tengah
Indonesia

0856 417 01234 ( Whats App )
0821 383 01234 ( Whats App )
——————————————–
Admin Grosir :
0856 4065 2225 (Whats App )

Kasir:
SCAN barcode dibawah ini
kasir langgeng pancing

Fitur chat WA bisa digunakan untuk smartphone dan untuk PC komputer harap mengaktifkan WA web terlebih dahulu di sini https://web.whatsapp.com/id

JADWAL BUKA

Senin – Sabtu : 08.00–21.00 (ISHOMA 17:30 – Ba’da Isya’) Setelah Isya’ BUKA
Minggu : 09.00–15.00

Jam Sholat Tutup 15 menit

Terima Kasih

Rekening Bank

Azis Triyanto No rek 3920262529
Azis Triyanto No Rek 900 00 0270524 3
Azis Triyanto No Rek 0261590499
Azis Triyanto No Rek 3591 01 001233 50 7

Pengiriman

Facebook Fanpage