08.00 - 21.00 085641701234 - 082138301234 085641701234, 082138301234

Budidaya Bandeng Kolam Terpal Untuk Pemula

Rabu, Agustus 1st 2018.

Budidaya Bandeng Kolam Terpal Untuk Pemula

Ikan bandeng merupakan salah satu jenis ikan air tawar atau sering di sebut air payau yang dimana memiliki bentuk bulat dan juga memanjang. Selain itu juga ikan ini memiliki warna kulit lebih ke berwarna perak. Beberapa orang menyukai ikan ini karena memiliki rasa daging yang manis dan cukup gurih serta warna dari pada dagingnya putih bersih.Ikan bandeng ini biasanya di budidayakan dengan cara penambakan. Kepopuleran ikan ini di indonesia selain rasanya , harga dari pada ikan ini di pasaran cukup terjangkau oleh banyak kalangan apabila di bandingkan dengan jenis ikan lainnya.

Cara pengolahannya pun cukup beragam dengan nutrisi dan gizi dalam ikan ini sangat baik baik pertumbuhan anak – anak kita.

Oleh karena itu ,  Berikut adalah beberapa Cara Budidaya Ikan Bandeng di kolam terpal yang bisa anda ikuti dan coba di rumah untuk memulai membudidayakan ikan bandeng.

1. Persiapan

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah langkah persiapan. Salah satu cara yang termasuk dalam langkah persiapan adalah , dengan mempersiapkan kolam tambak untuk keperluan budidaya ikan bandeng ini. Langkah pertama dalam Cara Budidaya Ikan Bandeng di kolam terpal adalah dengan siapkan lahan yang sesuai dengan kebutuhan budidaya ikan bandeng dengan terpal kolamyang bisa di beli di beberapa tempat yang menjual terpal kolam. Setelah itu kita bisa langsung membuat lubang kolam dengan luas yang di sesuaikan dengan kebutuhan. Setelah itu baru kita tutup bagian bawah kolam dengan terpal kolam.

Jangan lupa untuk mengingat atau memasang pengait di setiap sisi terpal tidak mudah bocor atau tertarik. Setelah terpal terpasang dengan baik , selanjutnya kita masuk ke tahap persiapan kolam selanjutnya yaitu denganmenebarkan saponin dengan menebarnya langsung ke kolam tambak yang sudah di isi air sebelumnya. Cara ini berguna untuk membunuh ikan-ikan atau apa saja yang bisa memangsa bibit ikan atau merusak bibit ikan bandeng yang sudah kita persiapkan.

2.Kualitas dan Suhu Air

Hal selanjutnya yang harus kita lakukan adalah dengan memperhatikan kualitas dari pada air yang ada di dalam kolam. air yang bersih dan juga tepat akan membantu dalam membudidayakan ikan bandeng.

Memang, ikan  bandeng ini merupakan jenis ikan yang mampu hidup di berbagai macam jenis air bahkan lumpur sekaligus. Apabila anda ingin menghasilkan ikan bandeng yang berkualitas tinggi setidaknya kita harus mempertahankan kualitas air yang baik dan juga bebas dari berbagai macam ancaman penyakit.

Selain kualitas air , yang perlu kita perhatikan adalah mengenai suhu air . Beberapa pembudidaya ikan pasti sudah tahu suhu air akan mempengaruhi kelangsungan hidup seekor ikan. Dan untuk ikan bandeng sendiri , mereka biasa hidup di air dengan suhu rata-rata antara 26-32 derajat celcius. selalu jaga suhu kolam ikan berada di sekitaran suhu yang sudah di sebutkan tadi agar kualitas dari pada ikan kita akan terjaga.

3. Lokasi Kolam dan Kolam Pembesaran

Setelah kita menentukan dari pada suhu kolam dan juga jenis air yang di gunakan. Selanjutnya adalah kita sudah seharusny memilih lokasi dari kolam yang akan di jadikan media budidaya. Dalam hal ini, bukan berarti kita memilih lokasi dari pada kolam yang harus sesuai. Namun yang sesungguhnya adalah kita memilih lokasi kolam yang dimana keadaan pH dari kolam ikan yang akan di jadikan media budidaya layak untuk di jadikan media kolam.

Beberapa pakar riset menjelaskan bahwa lokasi tambak ikan yang baik untuk bandeng adalah kolam yang memiliki kondisi pH antara 7- 8. Kondisi pH tersebut merupakan salah satu hal yang paling penting agar mampu menghasilkan bandeng yang berkualitas.

Setelah itu kita juga wajib untuk menyediakan kolam pembesaran bagi ikan bandeng. biasanya untuk besarannya sendiri tetap menyesuaikan akan keutuhan dari ikan yang akan di tampung. Usahakan kolam pembesaran besarnya bisa menampung kurang lebih 100 ekor ikan bandeng.

4. Penebaran Benih

Cara Budidaya Ikan Bandeng di kolam terpal selanjutnya adalah persiapan dan juga penebaran benih. Setelah segala sesuatu yang sudah di sebutkan di atas dari awal sampai kolam lokasi, maka tahap selanjutnya yang dilakukan adalah penebaran benih ikan bandeng.

Namun, sebelum kita menebar benih ikan bandeng di kolam . Alangkah baiknya kita memilih atau sortir terlebih dahulu benih ikan bandeng yang kita sudah siapkan. sortir bibit atau benih mana saja yang memang layak untuk kita kembang biakan. Apabila sudah kita baru bisa menebar benih yang sudah kita siapkan ke dalam kolam. Perlu di ingat jumlah benih harus cukup dan sesuai dengan ukuran atau luas kolam yang sudah kita siapkan tadi.

5.Perawatan

Cara Budidaya Ikan Bandeng di kolam terpal selanjutnya setelah benih di sebar adalah langkah perawatan. Langkah atau tahap yang satu ini harus benar-benar anda perhatikan dengan baik dan lakukan dengan baik juga. Karena, kualitas hasil panen dari bandeng anda akan sangat terpengaruh dari proses perawatan ini.

Tahap awal dari perawatan adalah pemberian pakan dari ikan bandeng ini. Dalam pemberian pakan ikan bandeng , saat ini sudah beredar banyak pakan-pakan instant yang bisa kita beli secara langsung di toko yang menyediakan pakan ikan tambak.  namun tidak sedikit juga yang membuat pakan ikan bandeng sendiri . Apabila anda memang berniat membuat pakan ikan bandeng itu sendiri , ada beberapa tahap atau campuran yang dimana harus memenuhi kebutuhan nutrisi dari ikan bandeng sendiri.

Setelah di kiranya kita memiliki pakan ikan bandeng , pemberian pakan bisa di berikan 2- 3x sehari disesuaikan dengan umur dari pada ikan bandeng itu sendiri. Dalam perawatan ikan bandeng , kita juga di haruskan menjaga kestabilan beberapa elemen penting seperti suhu air dan juga unsur-unsur yang bisa membuat bibit ikan bandeng kita rusak. Salah satunya adalah hama atau gangga, kita bisa membersihkan nya 14-30 hari sekali apabila di perlukan. Lakukan perawatan tadi secara berkala sampai ikan bandeng kita terlihat cukup besar dan apabila perkembangannya tidak merata ,pisahkan ikan bandeng sesuai dengan ukuran dan juga bobotnya ke dalam kolam pembesaran yang sudah di sediakan di awal tadi.

6. Pemanenan 

Cara Budidaya Ikan Bandeng di kolam terpal yang terakhir ini adalah tahap yang memang di tunggu – tunggu oleh para penambak ikan. Dalam proses panen ini biasanya tiap tambak memiliki ukuran masing- masing namun,pada umumnya ikan yang memiliki bobot antara 100-600 gram /per ekor sudah siap untuk di distribusikan kepada masyarakat.

Tak hanya ukuran, cara panen ikan bandeng ini tiap penambak bisa seperti mengurangi debit air tambak hingga hanya sebatas ikan bandeng dan kemudian di tangkap dengan jaring karena ikan bandeng akan mudah terlihat ketika air di surut kan.

 

(Sumber : arenahewan.com)

Rp 190.000
Rp 430.000
habis
Rp 120.000
habis
Rp 556.000
habis
Rp 165.000
habis
Rp 115.000
habis

Harga Grosir

Grosir Pancing

Umpan Emas

umpan djempol, umpan ikan timbro, umpan ikan mas

Curve Catalog

Curve Pancing

Follow Us

instagram langgeng pancing

Address & Contact Person

Jln. Ahmad Yani 348 B, kartasura,
Sukoharjo – Jawa Tengah
Indonesia

0856 417 01234 ( Whats App )
0821 383 01234 ( Whats App )
——————————————–
Admin Grosir :
0856 4065 2225 (Whats App )

Kasir:
SCAN barcode dibawah ini
kasir langgeng pancing

Fitur chat WA bisa digunakan untuk smartphone dan untuk PC komputer harap mengaktifkan WA web terlebih dahulu di sini https://web.whatsapp.com/id

JADWAL BUKA

Senin – Sabtu : 08.00–21.00 (ISHOMA 17:30 – Ba’da Isya’) Setelah Isya’ BUKA
Minggu : 09.00–15.00

Jam Sholat Tutup 15 menit

Terima Kasih

Rekening Bank

Azis Triyanto No rek 3920262529
Azis Triyanto No Rek 900 00 0270524 3
Azis Triyanto No Rek 0261590499
Azis Triyanto No Rek 3591 01 001233 50 7

Pengiriman

Facebook Fanpage