08.00 - 21.00 085641701234 - 082138301234 085641701234, 082138301234

Cara Budidaya Ikan Gabus Secara Alami

Rabu, Agustus 1st 2018.

Cara Budidaya Ikan Gabus Secara Alami

ikan gabus adalah ikan air tawar yang biasa ditemukan di Asia dan Afrika. Ciri yang paling istimewa dari ikan ini adalah kemampuannya untuk bertahan hidup di luar air. Mereka dapat merangkak ke darat dan dapat bertahan hingga 4 jam.

Ikan ini juga disebut Channa, yang merupakan nama generik yang diberikan kepada semua ikan gabus. Ada lebih dari 30 hingga 35 spesies ikan gabus yang teridentifikasi. Yang paling populer di antara mereka adalah Channa maculata, Channa asiatica, Channa micropeltus, Channa striata, dan Channa argus

1. Mengenali Habitat

Ikan gabus hidup di kolam, danau, sumber air bersih, dan sungai. Selama banjir, mereka bermigrasi ke ladang terdekat dan selama musim kemarau, mereka kembali ke aliran air permanen. Mereka hidup dengan menggali tanah.

2. Karakteristik 

Berikut penjelasan tentang karakteristik

  • Warna tubuh mereka berwarna kehitaman atau coklat.
  • Tubuhnya silindris dan panjang.
  • Ada banyak sisik di tubuh ikan ini.
  • Sisi depan kepala mereka miring seperti ular. Akibatnya mereka disebut ikan kepala ular.
  • Warna kehitaman tersedia di seluruh tubuh ikan ini.
  • Sirip kaudal terlihat seperti sabit.
  • Ada gigi di rahang.
  • Bagian belakang berwarna hitam dan sisi bawah berwarna coklat.
  • Sirip dorsal panjang dan ada tulang ikan.
  • Sirip dubur panjang dan tidak ada tulang ikan.
  • Ekor tidak terpisahkan.
  • Garis lateral melengkung.
  • Ikan gabus memiliki paru-paru ekstra.

3. Pemilihan Lokasi Kolam

Sebelum lanjt ke metode budidaya ikan gabus secara alami ini, sebelumnya kita harus menentukan posisi dan letak dari lokasi kolam yang nantinya akan menampung keseluruhan jumlah ikan-ikan tersebut.

Lokasi yang disarankan adalah lokasi yang memiliki bentuk yang sama dengan habitat asli dari ikan gabus. Dimana jauh dari serangan predator dan limbah berbahaya

4. Pembuatan Kolam

Ada beberapa jenis kolam yang ideal dan bisa digunakan sebagai kolam budidaya ikan gabus tersebut. Beberapa diantaranya adalah kolam tanah, kolam terpal dan kolam permanen.

Jika anda ingin melakukan budidaya secara berkelanjutan, maka tidak ada salahnya mebuat dan menggunakan kolam permanen untuk menampung keseluruhan ikan gabus tersebut.

5. Pahami Spesies

Ikan gabus adalah spesies ikan yang tumbuh sangat besar dan seharusnya hanya disimpan oleh aquarists berpengalaman yang mampu mengikuti alam mereka yang menuntut.

Sementara beberapa spesies yang lebih kecil dari ikan gabus hanya tumbuh hingga satu atau dua kaki, beberapa spesies terbesar dapat dengan mudah mendorong satu meter panjangnya. Oleh karena itu penting untuk menjaga ikan gabus di akuarium yang sangat besar.

Ular dewasa sangat teritorial dan seharusnya hanya dipasangkan atau sendiri. Mereka dapat disimpan dalam kelompok asalkan akuarium atau kolam cukup besar untuk setiap ikan untuk menandai wilayahnya sendiri.

6. Kemampuan Bertahan Hidup

Ikan gabus juga mampu menghirup udara permukaan dan harus disimpan di akuarium dengan banyak ruang permukaan. Kemampuan untuk menghirup udara permukaan memungkinkan snakehead untuk bertahan hidup dalam kondisi air yang terkadang mencoba dengan kandungan oksigen yang sangat rendah. Mereka juga jumper yang sangat kuat dan akuarium mereka harus ditutupi dengan tutup kelopak yang berat dan ketat.

Ikan gabus bukanlah perenang yang produktif tetapi mampu mempercepat akselerasi. Mereka juga ikan yang sangat kuat dan dapat dengan mudah menjatuhkan dekorasi akuarium. Ikan gabus juga lebih menyukai akuarium dengan banyak tutup tanaman dan tempat bersembunyi.

Ikan gabus adalah predator yang ganas dan tidak boleh dipelihara dengan spesies ikan yang lebih kecil dari mereka. Beberapa spesies snakehead yang damai dapat disimpan bersama lele spesies besar dan cichlid yang cukup damai.

7. Kebiasaan Makan di Alam

Ikan ini memakan plankton, katak, ikan kecil, tikus, dan moluska. Yang lebih muda bertahan hidup pada serangga akuatik atau plankton. Orang dewasa dapat memakan semua ikan air tawar lainnya. Snakeheads menyerang mangsanya dengan menyergap mereka. Mereka pergi berburu mangsa terutama pada pagi dan malam hari

8. Jenis Makanan

Ikan gabus adalah karnivora yang ganas dan lebih menyukai makanan hidup. Namun mereka dapat dilatih untuk menerima sebagian besar jenis makanan beku dan mati. Snakeheads bisa makan pada diet dari ikan , udang, kerang, cacing tanah, jangkrik dan pelet berdasarkan akuarium makanan.

Ikan gabus mendapatkan nama mereka dari bentuk pipih mereka dan sisik di kepala mereka yang mirip dengan kebanyakan ular. Tingkat pergerakan umum lebih tinggi selama periode pre-spawn daripada periode pemijahan, yang berlangsung dari Juni hingga akhir penelitian.

9. Pengamatan Pergerakan

Tingkat pergerakan per jam lebih tinggi di musim panas daripada musim dingin, dan tampak meningkat sekitar fajar dan senja. Tingkat pergerakan umum lebih tinggi selama periode pre-spawn daripada periode pemijahan, yang berlangsung dari Juni hingga akhir penelitian.

Tingkat pergerakan per jam lebih tinggi di musim panas daripada musim dingin, dan tampak meningkat sekitar fajar dan senja. Tingkat pergerakan umum lebih tinggi selama periode pre-spawn daripada periode pemijahan, yang berlangsung dari Juni hingga akhir musim. Tingkat pergerakan per jam lebih tinggi di musim panas daripada musim dingin, dan tampak meningkat sekitar fajar dan senja.

10. Pembiakan

Ikan gabus bukanlah spesies ikan yang sulit untuk berkembang biak dan akan mudah bertelur ketika diberikan air dan kondisi tangki yang memadai.

Namun, snakehead jenis kelamin kadang-kadang bisa sulit dan yang terbaik adalah membesarkan kelompok snakehead yang cukup besar di akuarium besar untuk membiarkan ikan berpasangan sendiri. Setelah pemijahan terjadi, orang tua akan dengan penuh semangat menjaga telur dan menetasg. Setelah menetas, anakan berenang di sekolah yang ketat.

Ikan gabus kurang cenderung untuk bertelur di dalam ruangan. Hal ini disebabkan oleh sejumlah faktor seperti cahaya yang tidak mengenai akuarium saat matahari terbit, perubahan suhu yang lebih kecil dan area yang terbatas menjadi lebih sensitif terhadap polutan.  Jika ikan tidak segera bertelur setelah diperkenalkan ke kolam pemijahan, sering terjadi perubahan air parsial.

11. Pakan

Ikan gabus terutama ikan karnivora tapi omnivora. Bayi ikan makan zooplankton tetapi ketika mereka menjadi dewasa mereka makan siput, serangga dan ikan berukuran kecil. Bahkan, mereka juga memakan spesies mereka sendiri. Seiring dengan ini mereka juga makan makanan tambahan seperti tepung ikan, kue, debu beras dll

12. Pemijahan

Periode pemijahan ikan gabus adalah musim hujan. Tetapi mereka juga bisa melakukan proses reproduksi sepanjang tahun. Mereka membuat sarang di sawah dan penampungan air penuh dengan gulma di musim hujan. Ikan betina bertelur di sana. Ikan jantan dan betina tetap mengawasi sarang sampai bayi ikan lahir.

13. Penyakit

Ikan gabus terkena penyakit tidak terlalu sering dari spesies ikan lainnya. Meskipun penyakit utama mereka adalah sindrom ulseratif epizootic, penyakit ekor dan sirip, penyakit insang insang, dll. Ikan ini dipengaruhi oleh jenis penyakit ini karena menggunakan pupuk kimia dan pestisida yang berlebihan di lahan tanaman. Unsur ini bercampur dengan air dan mempengaruhi ikan gabus.

 

(Sumber : arenahewan.com)

Rp 5.000
Rp 30.000
habis
Rp 275.000
habis
Rp 4.000
Rp 75.000
habis
Rp 85.000

Harga Grosir

Grosir Pancing

Umpan Emas

umpan djempol, umpan ikan timbro, umpan ikan mas

Curve Catalog

Curve Pancing

Follow Us

instagram langgeng pancing

Address & Contact Person

Jln. Ahmad Yani 348 B, kartasura,
Sukoharjo – Jawa Tengah
Indonesia

0856 417 01234 ( Whats App )
0821 383 01234 ( Whats App )
——————————————–
Admin Grosir :
0856 4065 2225 (Whats App )

Kasir:
SCAN barcode dibawah ini
kasir langgeng pancing

Fitur chat WA bisa digunakan untuk smartphone dan untuk PC komputer harap mengaktifkan WA web terlebih dahulu di sini https://web.whatsapp.com/id

JADWAL BUKA

Senin – Sabtu : 08.00–21.00 (ISHOMA 17:30 – Ba’da Isya’) Setelah Isya’ BUKA
Minggu : 09.00–15.00

Jam Sholat Tutup 15 menit

Terima Kasih

Rekening Bank

Azis Triyanto No rek 3920262529
Azis Triyanto No Rek 900 00 0270524 3
Azis Triyanto No Rek 0261590499
Azis Triyanto No Rek 3591 01 001233 50 7

Pengiriman

Facebook Fanpage