08.00 - 21.00 085641701234 - 082138301234 085641701234, 082138301234

Cara Mengatasi Ikan Cupang yang Tidak Mau Mekar

Rabu, Agustus 1st 2018.

Cara Mengatasi Ikan Cupang yang Tidak Mau Mekar

berikut 10 cara mengatasi ikan cupang yang tidak mau mekar.

1. Pahami Penyebab

Masalah ekor yang tidak mau mekar sering terjadi pada ikan cupang dengan ekor panjang seperti half moon atau serit, walaupun jenis ikan cupang berekor pendek seperti plakat kadang juga bisa mengalaminya. Penyebab umum adalah akrena buruknya kualitas air sehingga muncul berbagai bibit penyakit dan ikan cupang tidak mau mekar adalah tanda awal dari stresnya.

2. Evaluasi Kualitas Air

Cara pertama untuk mengatasi ikan cupang yang tidak mau mekar tentunya dengan memperbaiki kualitas dari air itu sendiri, biasanya air menjadi lebih mudah kotor karena sisa sisa makanan atau kotoran ikan, bisa juga karena pengaruh bahan kimia tertentu yang menjadi bahan untuk bakteri dan kuman berbahaya dapat berkembang dengan mudah. Sebab itu pastikan air dalam kondisi bersih dan bebas bahan kimia.

Evaluasi dari mana air yang sobat gunakan untuk mengisi kolam, umumnya air dari sumur lebih aman sebab tidak mengandung bahan kimia, namun ada pula air yang memang keruh dari sumbernya, sebab itu sebelum dimauskkan ke dalam kolam, harus dipastikan terlebih dahulu bahwa air dalam kondisi bersih, jernih, dan bebas bahan kimia.

3. Pastikan Air Bebas Chlorine

Lakukan penggantian air dengan konsisten setiap 2 hari sekali dan perhatikan kandungan air yang sobat gunakan, misalnya air PDAM yang mengandung chlorine, maka sobat harus menghilangkan kandungan chlorine ini terlebih dahulu sebelum digunakan untuk ikan, sebab chlorine merupakan salah satu bahan yang tidak ramah dan tidak baik untuk kesehatan ikan cupang.

Caranya ialah dengan mengendapkan air terlebih dahulu selama 2 malam sehingga kandungan chlorine mengendap dan sobat bisa menggunakan air di bagian atas yang bebas kandungan chlorine.

4. Tambahkan Vitamin pada Air Kolam

Agar ikan cupang memiliki lingkungan yang lebih baik lagi, tambahkan air akuarium menggunakan vitamin yang memiliki kandungan blitz ich, vitamin tersebut bisa sobat dapatkan di toko toko keperluan ternak ikan, vitamin tersebut mampu menjaga kualitas air dan mencegah timbulnya ragam penyakit pada ikan cupang.

5. Perhatikan Pemberian Pakan

Berikan pakan dalam porsi yang tepat, tak perlu berlebihan agar mencegah sisa sisa pakan bertebaran atau mengendap di kolam yang akhirnya mempengaruhi kualitas air, endapan sisa pakan ikan dapat menjadi sebab munculnya nitrit yang membuat air menjadi keruh dan membuat ikan cupang stres.

6. Obati dengan Garam dan Daun Ketapang

Jika sobat sudah melakukan evaluasi dan perbaikan kualitas air naun ekor ikan cupang tak kunjung mekar, segera pindahkan ikan cupang yang sakit ke dalam akuarium lain, akuarium yang baru wajib diisi terlebih dahulu dengan air yang bersih bebas chlorine dan dicampur dengan garam terlarut serta daun ketapang yang baik untuk menetralkan air dan membunuh bibit penyakit.

Untuk garam, cukup berikan sekitar 1 sendok  di akuarium dengan ukuran kecil, daun ketapang cukup dibersihkan dan dimasukkan ke dalam kolam, bahan alaminya akan meresap secara langsung ke dalam air kolam. Air di akuarium yang berbeda tersebut juga wajib diganti tiap 2 hari sekali.

7. Pisahkan Ikan Cupang

Jangan lupa untuk memisahkan ikan cupang yang berekor kuncup atau keriting dan tidak mau mekar dengan ikan lain yang sehat agar ikan cupang yang sehat tidak menyerang ikan cupang yang sakit, ekor ikan cupang juga bermanfaat untuk pergerakan dan membela diri, ketika ekornya bermasalah ikan cupang seringkali merasa stres dan tidak memiliki rasa percaya diri ketika bersama dengan ikan cupang lain atau ketika ia diserang.

8. Pantau Kesehatan

Periksa perkembangan kesehatan ikan cupang, ikan cupang yang tidak mau mekar jika terus berada dalam kolam yang telah diberi obat garam dan daun ketapang umumnya bisa mengembalikan keanggunan ekornya selama seminggu, terlebih jika kualitas air benar benar bersih dan ia bebas stres serta memiliki asupan nutrisi terbaik. Amati perkembangan dan tahap kesembuhannya.

9. Berikan Pakan Bahan Alami

Kurangi pemberian pakan dari bahan kimia yang bisa mempengaruhi kualitas air, berikan ia pakan yang lebih ramah lingkungan yang berasal dari bahan alami atau dari probiotik yang memiliki kandungan yang lebih baik, berikan ia pakan sedikit tapi sering agar kualitas air tetap terjaga dan ia bebas dari stres.

10. Atur Pasokan Cahaya yang Masuk

Pasrikan kolam atau akuarium yag ditempati ikan cupang memiliki pencahayaan yang tepat, yakni dapat dijangkau oleh sinar matahri yang bisa membunuh bibit bibit penyakit dan memberi kesan air yang lebih hangat dan segar, dengan demikian ikan cupang akan mendapat perawatan terbaik dan vitamin alami sehingga ekornya bisa kembali mengembang dan terhindar dari kuncup atau keriting.

 

(Sumber : arenahewan.com)

Rp 5.500
habis
Rp 33.000
habis
Rp 320.000
habis
Rp 307.000
Rp 700.000
habis
Rp 539.000
habis

Harga Grosir

Grosir Pancing

Umpan Emas

umpan djempol, umpan ikan timbro, umpan ikan mas

Curve Catalog

Curve Pancing

Follow Us

instagram langgeng pancing

Address & Contact Person

Jln. Ahmad Yani 348 B, kartasura,
Sukoharjo – Jawa Tengah
Indonesia

0856 417 01234 ( Whats App )
0821 383 01234 ( Whats App )
——————————————–
Admin Grosir :
0856 4065 2225 (Whats App )

Kasir:
SCAN barcode dibawah ini
kasir langgeng pancing

Fitur chat WA bisa digunakan untuk smartphone dan untuk PC komputer harap mengaktifkan WA web terlebih dahulu di sini https://web.whatsapp.com/id

JADWAL BUKA

Senin – Sabtu : 08.00–21.00 (ISHOMA 17:30 – Ba’da Isya’) Setelah Isya’ BUKA
Minggu : 09.00–15.00

Jam Sholat Tutup 15 menit

Terima Kasih

Rekening Bank

Azis Triyanto No rek 3920262529
Azis Triyanto No Rek 900 00 0270524 3
Azis Triyanto No Rek 0261590499
Azis Triyanto No Rek 3591 01 001233 50 7

Pengiriman

Facebook Fanpage