08.00 - 21.00 085641701234 - 082138301234 085641701234, 082138301234

Cara Mengatasi Jamur Pada Ikan Lele

Rabu, Agustus 1st 2018.

Cara Mengatasi Jamur Pada Ikan Lele

Ikan lele ialah jenis ikan yang sejak dulu menjadi favorit bagi peternak untuk dibudidayakan, selain mudah dalam perawatannya dan dapat tumbuh lebih cepat dibanding jenis ikan lainnya, ikan lele juga termasuk ikan yang bergizi tinggi yang selalu dicari dan diidamkan oleh berbagai kalangan sehingga permintaan di pasaran selalu meningkat. Banyak sekali warung makan atau restoran yang mengolah ikan lele dalam berbagai jenis masakan dan olahan makanan.

Sebagai peternak, tentu tidak mungkin tidak mengalami resiko atau masalah dalam perjalanan budidayanya, akan ada masalah yang akhirnya menjadi pengalaman baru dan menambah wawasan, salah satu yang terkadang ditemui ialah adanya jamur pada ikan lele yang dapat terjadi karena benih yang tidak sehat, lingkungan yang kurang bersih, atau terpapar kuman penyakit. namun tentu ada cara mengatasinya yang penulis bahas dalam artikel ini yaitu mengenai 13 cara mengatasi jamur pada ikan lele. Yuk simak artikel ini hingga selesai.

1. Pahami Gejala Dasarnya

Sebelum membahas cara mengatasi jaur pada ikan lele tentu pemilik wajib memahami terlebih dahulu bagaimana gejala jamur pada ikan lele yaitu ikan menjadi lebih lamban gerakannya dan cendeung malas atau tidak aktif. sering terlihat mendekatkan badan pada pinggir kolam atau benda sekitar, dan terlihat bintik bintik putih di tubuhnya.

2. Periksa Faktor Penyebab Resiko

Jamur yang terjadi pada ikan lele dapat terjadi karena berbagai faktor resiko yaitu buruknya kondisi air kolam, suhu air atau lingkungan yang terlalu dingin, kurangnya pasokan cahaya matahari, juga karena faktor stres pada ikan. amati dari berbagai faktor resiko tersebut yang merupakan kemungkinan menjadi penyebabnya dan segera perbaiki kondisi yang berhubungan dengan penyebab.

3. Pisahkan Ikan yang Sakit

Langkah pertama dalam cara mengatasi jamur pada ikan lele ialah memisahkan ikan yang sakit dengan ikan yang sehat, jangan sampai ikan yang sehat ikut tertular, letakkan ikan tersebut pada wadah atau tempat yang berbeda tetapi tetap berikan air yang sama dari kolam tempat tinggalnya agar ia tidak stres dan mencegah infeksi kecuali jika penyebab jamur terjadi karena lingkungan air yang kotor.

4. Gunakan Garam

Taburkan garam pada kolam yang ditempati ikan sehat serta pada wadah khusus untuk ikan yang sakit, menaburkan garam akan memperbaiki sanitasi pada lingkungan kolam sehingga mencegah uman berkembang dan menstabilkan kondisi air kolam karena bukan tidak mungkin virus jamur yang terdapat pada ikan sakit dapat beredar di kolam dan beresiko bagi ikan yang sehat.

5. Gunakan Cottonbuds

Untuk menghilangkan jamur pada tubuh ikan lele, pemilik dapat meakukan pertolongan dengan cara menggosok secara perlahan ikan tersebut dengan cottonbuds yang biasanya digunakan untuk membersihkan telinga, umumnya kondisi tubuh akan lebih bersih dan jamur yang menempel perlahan dapat terangkat sehingga ikan lele tidak terlalu merasa stres akan penyakitnya.

6. Rutin Ganti Air untuk Ikan yang Sakit

Dalam wadah khusus untuk ikan yang sakit, lakukan penggantian air secara rutin setidaknya 1 sd 2 hari sekali agar air dalam kondisi bersih kembali pemilik membersihkan jamur pada tubuh ikan tersebut dan untuk mencegah agar jamur yang terlarut dalam air tidak menempel atau menyerang kembali pada ikan yang sakit.

7. Beri Obat Jamur

Selanjutnya untuk lebih memaksimalkan penyembuhan jamur, berikan obat jamur khusus ikan lele yang dapat anda beli di too keperluan hewan atau melalui konsultasi terlebih dahulu dengan dokter hewan, umumnya obat yang diberikan ialah dalam bentuk cairan yang dioles langsung ke tubuh ikan lele atau dicampur dengan air kolam tempat tinggalnya.

8. Gosokkan Obat Secara Langsung

Jika jamur membandel dan tak dapat hilang dengan cara mencampurkan obat ke dalam kolam atau mengoles ke tubuh ikan, maka pemilik harus mengobati dengan lebih tekun yakni dengan cara menggosokkan obat langsung ke tubuh ikan, penggosokan dapat dilakukan dengan menggunakan cottonbuds sehingga tidak langsung mengenai tangan pemilik.

9. Cegah Stres

Ikan yang stres beresiko lambat dalam proses penyembuhannya hingga dapat menyebabkan kematian, untuk mencegahnya, pemilik harus memberikan nutrisi yang memadai dan bergizi serta menjaga kondisi lingkungan, upayakan air ikan lele terhindar dari suhu yang terlalu dingin dan rutin menjaga kebersihan air dengan penggantian secara berkala.

10. Pemantauan Kebersihan Air

Jangan lupa pantau tingkat kebersihan air di kolam ikan lele yang sehat, amati dan segera lakukan tindak lanjut jika dicurigai ada ikan lele lain yang terkena jamur. Hindarkan air dari berbagai jenis polusi dan pencemaran lingkungan, serta berikan pakan secara bertahap sesuai porsi agar tidak ada sisa pakan yang mengotori air yang tentunya berpengaruh pada kualitas air.

11. Multivitamin

Berikan multivitamin untuk semua ikan baik yang sakit maupun yang sehat agar sama sama menyembyhkan dan menghindarkan ikan dari jamur, terutama di musim dingin yang berpengaruh pada suhu air, daya tahan tubuh ikan lele akan berkurang dan dapat beresiko berbagai penyakit yang salah satunya adalah jamur.

12. Kembalikan pada Kolam Awal

Jika ikan lele yang sakit sudah berada dalam kondisi bersih yakni dilihat dari tubuhnya yang telah terbebas dari jamur serta gerakannya yang kembali akfit, ikan lele tersebut dapat dikembalikan lagi menuju kolam bersama ikan lain yang sehat, jangan lupa tetap lakukan pemantauan untuk memastikan ikan lele benar benar dalam kondisi sehat.

13. Pasokan Cahaya Matahari

Upayakan agar kolam mendapat pasokan cahaya matahari yang cukup, sinar matahari dapat memberikan suasana hangat pada kolam dan dapat membunuh bakteri bakteri atau virus yang berkembang secara alami, ketika pagi hari sebelum matahari terik, biarkan kolam dalam kondisi terbuka dan mendapat pasokan sinar matahari langsung sehingga ikan lele pun merasakan segar pada tubuhnya serta mendapat vitamin alami.

 

(Sumber : arenahewan.com)

Rp 2.000
Rp 280.000
habis
Rp 341.000
Rp 923.000
habis
Rp 65.000
habis
Rp 49.000

Harga Grosir

Grosir Pancing

Umpan Emas

umpan djempol, umpan ikan timbro, umpan ikan mas

Curve Catalog

Curve Pancing

Follow Us

instagram langgeng pancing

Address & Contact Person

Jln. Ahmad Yani 257,Banaran, Pabelan, kartasura,
Sukoharjo – Jawa Tengah
Indonesia

0856 417 01234 ( Whats App )
0821 383 01234 ( Whats App )
——————————————–
Admin Grosir :
0856 4065 2225 (Whats App )

Kasir:
SCAN barcode dibawah ini
kasir langgeng pancing

Fitur chat WA bisa digunakan untuk smartphone dan untuk PC komputer harap mengaktifkan WA web terlebih dahulu di sini https://web.whatsapp.com/id

JADWAL BUKA

Senin – Sabtu : 08.00–21.00 (ISHOMA 17:30 – Ba’da Isya’) Setelah Isya’ BUKA
Minggu : 09.00–15.00

Jam Sholat Tutup 15 menit

Terima Kasih

Rekening Bank

Azis Triyanto No rek 3920262529
Azis Triyanto No Rek 900 00 0270524 3
Azis Triyanto No Rek 0261590499
Azis Triyanto No Rek 3591 01 001233 50 7

Pengiriman

Facebook Fanpage