08.00 - 21.00 085641701234 - 082138301234 085641701234, 082138301234

Cara Merawat Bibit Lele di Musim Hujan Dengan Baik

Rabu, Agustus 1st 2018.

Cara Merawat Bibit Lele di Musim Hujan Dengan Baik

Usaha ternak bibit lele semakin populer dari hari demi hari sebab lelemenjadi salah satu lauk yang disukai oleh berbagai kalangan untuk disajikan di atas meja makan mereka.Tidak jarang juga ditemui banyaknya tempat makan yang khusus menjual lele dengan diolah menjadi berbagai makanan yang lezat, seperti lele bakar, lele chrispy, lele sambal, dan sebagainya yang semakin meningkatkan minat terhadap lele.

Anda yang berminat atau sedang ternak bibit lele wajib melakukan perawatan dengan maksimal sesuai kondisi alam dan kondisi lainnya, sebab ternak bibit lele yang dibudidayakan di alam sedikit banyak juga terpengaruh oleh kondisi lingkungan sekitar. Dalam artikel kali ini akan dibahas tentang cara merawat bibit lele di musim hujan.

Musim hujan umumnya banyak terjadi kematian benih lele ketika dilakukan penebaran awal bibit lele, hal ini terjadi karena air hujan meningkatkan kadar asam dalam kolam.

Perawatan wajib dilakukan dengan cara khusus sebab di musim hujan frekuesi dan tingkat curah air naik tajam, serta berbagai penyakit dapat dengan mudah mempengaruhi kesehatan bibit lele, jika tidak memahami terutama untuk anda yang baru terjun ke usaha ternak lele dapat beresiko kegagalan dalam usaha pembesaran bibit lele.

Bagaimana untuk mencegah berbagai resiko tersebut? Mari kita simak uraian lengkap mengenai 13 Cara Merawat Bibit Lele di Musim Hujan berikut :

Ketika musim hujan anda wajib memberikan tempat yang terbaik untuk tempat budidaya lele, kondisi kolam di musim hujan berperan sangat penting untuk mmepertahankan usaha ternak lele anda.

1. Pilih Kolam yang Jauh dari Banjir

Mungkin memang tidak dapat diperkirakan secara pasti banjir akan datang di area mana, sebelum ternak bibit lele anda wajib mengetahui lokasi kolam yang terbaik, yaitu yang rendah resiko nya terhadap banjir sebagai antisipasi di saat musim hujan tiba. Anda bisa memperkirakan dari kebiasaan ketika musim hujan tahun tahun sebelumnya juga dari tersedianya tempat peresapan air di lingkungan sekitar.

Selain lokasi yang jauh dari banjur, juga pilih kolam yang terletak di lingkungan yang terbuka terutama di area yang hijau sebab kondisi kolam sangat berpengaruh terhadap kesehatan bibit lele anda, lingkungan yang hijau menandakan adanya peresaan air yang bagus sehingga mencegah banjir pada kolam bibit lele anda.

2. Lindungi Kolam dari Lubang

Di musim hujan rentan terjadi peningkatan jumlah air di kolam akibat curah air meningkat, lubang sekecil apapun kemungkinan dapat membesar karena tekanan air, pastikan kolam bibit lele anda aman dan tidak berlubang, jika sampai ada lubang resikonya semua bibit lele anda akan hilang terbawa arus dari lubang tersebut.

3. Kedalaman Air Kolam di Musim Hujan Maksimal 2 Kaki

Umumnya kolam bibit lele memiliki kedalaman 4 kaki, di musim hujan kurangi yaitu dengan kedalaman maksimal 4 kaki agar ketika terjadi hujan air kolam anda tidak meluap, air yang meluap beresiko menghanyutkan bbit bibit lele anda.

4. Beri Vitamin C

Vitamin C baik untuk bibit lele anda di musim hujan sebab mampu meningkatkan daya tahan tubuh bibit lele.

5. Beri Pupuk Pada Kolam

Pupuk juga penting untuk kolam bibit lele anda agar tanah menjadi subur dan tidak mudah terkena parasit apalagi di musim hujan dimana kuman mudah berkembang. Kondisi kolam yang sehat juga akan mencegah bibit lele anda dari berbagai penyakit.

6. Beri Pagar dan Jaring

Diperlukan untuk melindungi bibit lele anda dari hewan seperti katak dan ular di musim hujan. Kata dan ular sering berburu di musim hujan untuk mencari makanan, pagar dan jaring tidak mampu dimasuki atau ditembus oleh tubuh katak dan ular sehingga bibit lele anda terhindar dari serangan hewan predator.

7. Beri Obat Anti Jamur Di Kolam

Di musim hujan, obat anti jamur dapat anda berikan di kolam lele anda setiap satu bulan sekali, hal ini penting sebab di musim hujan mudah timbul jamur akibat kondisi udara lebih lembab. Jamur tersebut dapat menyebabkan kesehatan air kolam menurun yang juga beresiko berpengaruh pada kesehatan bibit lele anda.

8. Jaga Kebersihan Air

Di musim hujan air mudah kotor akibat curah air tinggi, kadar asam meningkat, serta air bersifat lebih asam, ganti air setidaknya setiap 15 hari sekali.

9. Gunakan Obat Gannex

Obat ganex adalah obat untuk mengeluarkan gas amoniakatau gas nitrogen yaitu gas yang berasal dari kotoran bibit leleyang bereaksi kondisi udara serta kondisi air di kolam. Di musim hujan tingkatkelembababn udara meningkat sehingga gas amoiak mudah menggumpal.

10. Gunakan Penutup Kolam

Dimaksudkan agar tidak kolam tidak terkena air hujan terlalu banyak, dapat anda gunakan ketika hujan deras atau dalam kondisi tertentu.

11. Kurangi Porsi Makanan

Di musim hujan darah bibit lele menjadi lebih asam sehingga bibit lele menjadi kurang aktif, nafsu makan menjadi menurunsebab itu kurangi sedikit porsi makanan dengan takaran yang tepat agar tidak ada sisa makanan yang mengotori kolam sehingga air kolam tidak tercemar.

12. Beri Kapur Nutrilime Atau Bonggol Pisang

Hhal ini bertujuan untuk menetralkan kadar PH pada kolam. Seperti yang kita ketahui bahwa kadar asam di kolam ketika musim hujan dapat meningkat sehingga mempengaruhi kondisi PH kolam. Selain dengan cara tersebut, bisa juga dengan menggunakan daun, buah, atau batang pepaya yang dimasukkan ke dalam kolam bibit lele anda agar mendorong tumbuhnya lumut yang jika dimakan bibit lele akan bertindak sebagai obat alami sehingga bibit lele aman dari berbagai jenis penyakit yang beresiko muncul di musim hujan.

13. Tambah Garam Pada Kolam

Hal ini bertujuan untuk membunuh parasit atau kuman sehingga kolam bibit lele anda dalam kondisi sehat serta bibit lele anda juga mampu berkembang dan tumbuh dengan baik.

Budidaya ternak bibit lele bisa menjadi salah satu ide usaha yang tepat untuk menambah penghasilan anda di samping pekerjaan utama anda saat ini. Juga sebagai sumber yang bagus untuk kebutuhan gizi keluarga sehari hari.

 

(Sumber : arenahewan.com)

Rp 505.000
habis
Rp 97.000
Rp 221.000
Rp 39.000
habis
Rp 195.000
habis
Rp 4.750.000
habis

Harga Grosir

Grosir Pancing

Umpan Emas

umpan djempol, umpan ikan timbro, umpan ikan mas

Curve Catalog

Curve Pancing

Follow Us

instagram langgeng pancing

Address & Contact Person

Jln. Ahmad Yani 257,Banaran, Pabelan, kartasura,
Sukoharjo – Jawa Tengah
Indonesia

0856 417 01234 ( Whats App )
0821 383 01234 ( Whats App )
——————————————–
Admin Grosir :
0856 4065 2225 (Whats App )

Kasir:
SCAN barcode dibawah ini
kasir langgeng pancing

Fitur chat WA bisa digunakan untuk smartphone dan untuk PC komputer harap mengaktifkan WA web terlebih dahulu di sini https://web.whatsapp.com/id

JADWAL BUKA

Senin – Sabtu : 08.00–21.00 (ISHOMA 17:30 – Ba’da Isya’) Setelah Isya’ BUKA
Minggu : 09.00–15.00

Jam Sholat Tutup 15 menit

Terima Kasih

Rekening Bank

Azis Triyanto No rek 3920262529
Azis Triyanto No Rek 900 00 0270524 3
Azis Triyanto No Rek 0261590499
Azis Triyanto No Rek 3591 01 001233 50 7

Pengiriman

Facebook Fanpage