08.00 - 21.00 085641701234 - 082138301234 085641701234, 082138301234

Ini Dia 7 Fakta Caviar Yang Pasti Bikin Takjub

Kamis, Agustus 2nd 2018.

Ini Dia 7 Fakta Caviar Yang Pasti Bikin Takjub

Ini Dia 7 Fakta Caviar Yang Pasti Bikin Takjub

Sama seperti sampanye, truffle, dan foie gras, kaviar adalah makanan lezat yang tidak hanya bisa makan, tapi juga merupakan barang mewah yang dipandang sebagai simbol kekayaan. Bahkan, caviar segar merupakan salah satu makanan mewah yang paling mahal dan dicari di dunia. Tapi apa yang sebenarnya membuat telur ikan ini begitu berharga? Berikut ini 7 fakta caviar yang mungkin tidak Anda ketahui:

1.Diambil Dari Ikan Jenis Sturgeon

Ikan sturgeon, hewan prasejarah berusia 300 juta tahun yang bertahan sejak zaman dinosaurus, adalah penghasil telur caviar. Spesies yang paling besar adalah sturgeon Beluga (Huso Huso) yang bisa tumbuh hingga mencapai panjang dua puluh kaki, berumur lebih dari 100 tahun, dan memiliki berat lebih dari dua ton. Selain itu, ada juga sturgeon Siberia (Acipenser Baerii) yang menghasilkan caviar bernama Baerial. Ikan sturgeon Siberia beratnya bisa mencapai 200 kg dan membutuhkan waktu antara empat hingga enam tahun untuk menghasilkan telur caviar.

2.Hidangan Mewah Zaman Romawi

Sebelum truffle dianggap sebagai makanan mewah, kaviar sudah lebih dulu menjadi makanan khusus para raja dan aristokrasi zaman romawi. Orang Yunani kuno, Persia dan Rusia pada zaman tersebut rela mengeluarkan uang lebih untuk mengkonsumsi caviar. Namun, konsumsi caviar dimulai dari kebiasaan orang Persia yang percaya bahwa telur ikan sturgeon bisa meningkatkan kekuatan fisik dan daya tahan tubuh. Keyakinan ini, tidak diragukan lagi, memicu minat dan daya tarik untuk mencicipi caviar. Sejarah menunjukkan bahwa pada abad ke-4 Masehi, menu telur ikan sturgeon kerap kali disajikan pada pesta-pesaa mewah.

3.Mahal Karena Ikan Sturgeon Sangat Langka

Sama seperti truffle putih, telur ikan sturgeon atau kaviar adalah salah satu bahan makanan paling mahal di dunia. Semakin tua usia ikan sturgeon, semakin mahal harga kaviar yang dihasilkannya. Caviar beluga yang dihasilkan dari ikan sturgeon beluga asal Kaspia mampu mencapai usia 18 hingga 20 tahun. Tak heran jika harga caviar sangat mahal dan ketersediaannya di dunia menjadi sangat langka. Akan tetapi, harga caviar terus menurun dalam beberapa tahun terakhir karena kemajuan dalam budidaya ikan sturgeon. Budidaya tersebut memungkinkan pemilik industri caviar untuk mendapatkan ikan sturgeon secara ternak, bukan hasil buruan dari alam bebas.

4.Gold Laced Caviar Adalah Yang Termahal

Reputasi caviar sebagai salah satu hidangan paling mahal di dunia memang tidak terkalahkan. Gold Laced Caviar, caviar paling mahal yang ada di pasaran saat ini dijual seharga $ 113.630 per kilogram. Caviar tersebut berasal dari ikan sturgeon yang berusia lebih dari seratus tahun. Pakar kaviar mengatakan bahwa semakin tua usia ikan sturgeon maka tekstur kaviar akan semakin empuk dan harganya semakin mahal. Meskipunckaviar umumnya berwarna hitam, tetapi gold laced caviar memiliki warna emas.

Sangat Mudah Untuk Membedakan Kualitas Caviar

Kualitas caviar bisa Anda perhatikan beradasarkan spesies, warna, rasa, tekstur dan bahkan suara. Caviar berkualitas memiliki warna mulai dari kuning keemasan sampai abu-abu gelap, coklat atau hitam. Telur caviar jangan sampai menjadi lembek atau memiliki aroma amis. Meskipun mudah pecah, tetapi penyajiannya tidak boleh pecah sebelum mencapai lidah Anda. Caviar harus pecah di dalam lidah dan bisa menghasilkan rasa yang manis, seperti mentega dan nutty. Selain itu, percaya atau tidak, caviar berkualitas akan menghasilkan suara mendengkur apabila digesekan satu sama lain.

5.Merupakan Obat Depresi

Caviar adalah bahan makanan bergizi yang bisa digunakan sebagai obat depresi. Kaya akan kalsium, fosfor, protein, selenium, zat besi, magnesium, vitamin A, C, D, B6, B12 dan B2. Kaviar juga mengandung asam amino esensial seperti lisin, isoleusin, metionin, argin dan histidin. Menurut data gizi, satu sendok makan Caviar mengandung satu gram asam lemak omega-3 yang bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung.

6.Ikan Sturgeon Tidak Harus Dibunuh Untuk Diambil Caviar-nya

Untuk mendapatkan kaviar, bagian perut ikan sturgeon akan disobek sehingga menyebabkan ikan mati. Hal tersebut mengakibatkan beberapa dari 26 spesies sturgeon terancam punah. Namun California Caviar Company telah bermitra dengan Angela Köhler, salah satu ahli biologi kelautan terkemuka di Eropa, untuk mengembangkan Vivace, Caviar pertama di dunia yang dipanen menggunakan metode ekstraksi telur tanpa membunuh ikan sturgeon. Caranya yaitu dengan memijat secara khusus bagain perut ikan sturgeon betina dewasa hingga semua telurnya keluar

7.Tidak Dimasak, Melainkan Disajikan Secara Mentah

Sekarang ini banyak restoran kelas atas yang menyajikan menu-menu berbahan caviar. Tentu saja karena menggunakan telur ikan langka maka harga satu porsi menu tersebut sangat mahal. Namun pada penyajiannya, caviar tidak dimasak diatas kompor gas atau dipanggang menggunakan microwave. Sebaliknya caviar disajikan secara mentah atau fresh. Caviar juga hanya ditaburkan saja di atas makanan dengan jumlah yang tidak telalu banyak.

Source:hock.id

Rp 606.000
habis
Rp 280.000
habis
Rp 96.000
habis
Rp 38.000
Rp 50.000
habis
Rp 130.000
habis

Harga Grosir

Grosir Pancing

Umpan Emas

umpan djempol, umpan ikan timbro, umpan ikan mas

Curve Catalog

Curve Pancing

Follow Us

instagram langgeng pancing

Address & Contact Person

Jln. Ahmad Yani 348 B, kartasura,
Sukoharjo – Jawa Tengah
Indonesia

0856 417 01234 ( Whats App )
0821 383 01234 ( Whats App )
——————————————–
Admin Grosir :
0856 4065 2225 (Whats App )

Kasir:
SCAN barcode dibawah ini
kasir langgeng pancing

Fitur chat WA bisa digunakan untuk smartphone dan untuk PC komputer harap mengaktifkan WA web terlebih dahulu di sini https://web.whatsapp.com/id

JADWAL BUKA

Senin – Sabtu : 08.00–21.00 (ISHOMA 17:30 – Ba’da Isya’) Setelah Isya’ BUKA
Minggu : 09.00–15.00

Jam Sholat Tutup 15 menit

Terima Kasih

Rekening Bank

Azis Triyanto No rek 3920262529
Azis Triyanto No Rek 900 00 0270524 3
Azis Triyanto No Rek 0261590499
Azis Triyanto No Rek 3591 01 001233 50 7

Pengiriman

Facebook Fanpage