Pemulihan Ekosistem Sungai Oya Tebar Ribuan Bibit Ikan

Pemulihan Ekosistem Sungai Oya Tebar Ribuan Bibit Ikan

sungai oya

Pemulihan Ekosistem Sungai Oya

Belasan ribu benih ikan dari berbagai jenis ditebar di Sungai Oya, Padukuhan Jelok, Desa Beji, Kecamatan Patuk, Rabu (02/05/2018). Penebaran ini dilakukan dalam rangka untuk melestarikan ekosistem mengingat daerah ini menjadi salah satu daerah terdampak bencana di tahun 2017 lalu.

Kepala Desa Beji, Edi Sutrisno mengatakan, pelestarian ekosistem sungai ini merupakan gagasan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Gunungkidul. Pasca bencana, Dinas bersama Pemerintah Desa secara rutin setiap tahunnya melakukan penebaran bibit guna mencukupi kebutuhan ikan masyarakat setempat.

“Totalnya ada 19.000 bibit ikan yang terdiri dari 9 ribu bibit tombro, 4 ribu bibit nila dan 6 ribu bibit ikan tawas,” paparnya.

Menurut Edi, penyebaran bibit ikan sangat dibutuhkan untuk pemulihan ekosistem sungai yang dulunya sempat rusak karena terjangan banjir. Akibatnya, keseimbangan ekosistem di sungai tersebut menjadi tidak menentu. Padahal dulunya, sungai yang mengaliri Jelok ini menjadi salah satu spot mancing karena mudah mendapatkan ikan.

Ditebarnya belasan ribu bibit ikan tentu rawan dengan keberadaan warga atau pemancing yang menggunakan bahan kimia untuk mendapatkan ikan. Namun hal tersebut tak dikhawatirkannya lantaran di area lokasi sungai telah dipasang spanduk peraturan pemancingan. Apabila dilanggar, secara otomatis sanksi tegas diberlakukan.

“Selama ini aman-aman saja karena para pemancing sadar kalau menggunakan jaring, bom atau disetrum itu dapat merusak ekosistem yang ada. Dapat tidak dapat ya tetep mancing dengan alat seadanya,” imbuh dia

Adapun sanksi tegas yang diberlakukan tersebut yakni, memberi patokan denda puluhan hingga ratusan juta jika kedapatan melakukan pelanggaran. Tak hanya itu, pihaknya juga bekerjasama dengan dinas terkait dan aparat penegak hukum untuk memproses jika terjadi pelanggaran.

Lestarikan Ekosistem, Belasan Ribu Benih Ikan Dilepas di Sungai Oya

source : gunungkidul.sorot.co

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Main Menu

Whatsapp
1
Hallo kak ada yang bisa kami bantu ?
Hallo 👋
Silahkan selamat berbelanja :)