08.00 - 21.00 085641701234 - 082138301234 085641701234, 082138301234

Tantaran Unjun, Piranti Mancing Tradisional Ampuh Masyarakat Banjar Kalimantan Selatan.

Jumat, Agustus 3rd 2018.

Tantaran Unjun, Piranti Mancing Tradisional Ampuh Masyarakat Banjar Kalimantan Selatan.

 

Tantaran Unjun, Piranti Mancing Tradisional Ampuh Masyarakat Banjar Kalimantan Selatan.

Tantaran unjun tidaklah tergerus keberadaannya,alat pancing yang berasal dari masyarakat tradisional Banjar Kalimantan Selatan ini terbuat dari bambu kecil dan panjang. Bahkan alat pancing tradisional ini tetap digemari “bubuhan paunjunan” alias para penghobi memancing.

Konon, tantaran unjun yang memiliki letak ruas tertentu dapat membawa “keberuntungan” yakni ikan bakal banyak didapat.Bubuhan paunjunan atau para penghobi memancing yang menyukai seni tarikan atau “jerujut” (banjar) ikan mengaku, lebih senang menggunakan tantaran unjun ketimbang alat pancing lain yang lebih modern dan praktis.

Keberadaan tantaran unjun, sebagai salah satu alat pancing ikan tradisional, tidak terlepas dari kondisi geografis wilayah Kalimantan Selatan, yang terdiri dari sungai besar dan kecil, rawa-rawa serta kawasan pasang surut yang begitu luas, sehingga memberikan pengaruh dalam menangkap ikan air tawar. Dibandingkan alat tangkap ikan tradisional masyarakat Banjar lainnya, seperti Lunta, Lukah dan Rengge, Tantaran Unjun adalah yang terpopuler digunakan dikalangan masyarakat. Selain praktis penggunaannya juga tidak memerlukan keahlian khusus.

Secara umum tantaran unjun terdiri dari empat bagian utama. Yang pertama adalah joran atau unjun. Kemudian senar ataun tali unjun, mata pancing atau kawat unjun, dan umpan unjun. Kendati tergolong cukup sederhana, peralatan maunjun ini harus disesuaikan dengan sasaran ikan yang ingin didapatkan serta kondisi lokasi memancing ikan.

Secara umum ada dua katagori untuk lokasi maunjun (memancing) . Aliran sungai besar dengan jenis ikan, seperti Baung, Lais, Patin, Seluang, Kalui dan lain-lain. Lokasi maunjun lainnya adalah di areal danau atau rawa pasang surut dan pahumaan (sawah) dengan sasaran ikan tangkapan, seperti Babus, Papuyu, Sapat Siam, Biawan, Toman dan jenis ikan tawar lainnya.

Jenis umpan yang digunakan juga dibedakan menurut lokasi tempat memancing. Untuk memancing di aliran sungan yang besar, umpan yang digunakan adalah jenis cacing tanah atau hasil dari formulasi pakan ikan dan makanan ikan. Sedangkan untuk lokasi memancing dilokasi danau atau rawa pasang surut, umpan yang digunakan adalah Kerawai atau Wanyi, ulat daun, anak semut Kerangga yang dicampur dengan cairan getah yang keluar dari pohon karet dan minyak kelapa.

Tantaran unjun sendiri terbagi dua kategori, panjang dan pendek. Tantaran unjun yang panjang, biasanya digunakan untuk maunjat atau memaer (banjar) dengan sasaran ikan Gabus. Sedangkan tantaran unjub pendek untuk memancing ikan Pepuyu dan jenis ikan tawar kecil lainnya.

Tantaran Unjun, Piranti Mancing Tradisional Ampuh Masyarakat Banjar Kalimantan Selatan.

Anjir Batola, Pemasok Utama Tantaran Unjun

Layaknya bisnis alat pancing ikan modern, alat pancing ikan tradisional masyarakat banjar, juga memiliki prospek bisnis yang menjanjikan. Hal itu dapat dilihat dari ramainya bubuhan paunjunan atau penghobi memancing mengerumuni para pedagang alat pancing tradisional, setiap hari libur atau sore hari, sekedar untuk membeli tantaran atau umpan memancing. Lihat saja dipasar Ahad Kertak Hanyar, Sungai Lulut dan Pasar Gambut.

Tidak semua peralatan memancing tradisional ini bahan-bahannya diambil dari bumi Kalimantan Selatan, tapi juga dari luar daerah. Misalnya untuk umpan ikan air tawar, berupa anak semuat Kerangga, Wanyi dan ulat bumbung, pedagang peralatan unjun “mengimpornya” dari provinsi tetangga Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur. Bahkan ada yang dari Pulau Jawa.

Menurut salah satu pedagang peralatan memancing tradisional di Banjarmasin, Abdullah, tantaran unjun yang dijual dipasar Ahad Kertak Hanyar dan Pasar Gambut Kabupaten Banjar, pada umumnya dipasok dari daerah Anjir Kabupaten Batola Kalimantan Selatan. Hingga saat ini Anjir boleh dibilang merupakan pemasok utama tantaran unjun untuk wilayah Banjarmasin dan sekitarnya. “Biasanya tantaran unjun itu diangkut pakai mobil pick up, bahkan ada yang pakai mobil truk,” jelas Abdullah.

Harga jual untuk satu tantaran unjun bervariasi. Untuk tantaran pendek biasa dijual dengan harga Rp. 5.000 hingga Rp. 15.000 per buah. Sedangkan tantaran unjun panjang, dijual seharga Rp. 40.000 per buah. Bubuhan paunjunan biasanya memiliki lebih dari satu tantaran yang berbeda ukurannya. Kebanyakan, setiap tantaran unjun memiliki kegunaan yang berbeda–beda pula dan disesuaikan dengan kondisi lahan atau tempat untuk memancing ikan.

Tantaran unjun juga bisa digunakan diberbagai lokasi pemancingan ikan buatan, seperti kolam dan lainnya. Inilah yang membuat alat pancing ikan tradisional masyarakat banjar, Kalimantan Selatan ini tidak lekang dimakan waktu.

Source:mancingmania.com

Rp 66.000
habis
Rp 207.000
Rp 59.000
Rp 520.000
Rp 73.000
Rp 56.000
habis

Harga Grosir

Grosir Pancing

Umpan Emas

umpan djempol, umpan ikan timbro, umpan ikan mas

Curve Catalog

Curve Pancing

Follow Us

instagram langgeng pancing

Address & Contact Person

Jln. Ahmad Yani 348 B, kartasura,
Sukoharjo – Jawa Tengah
Indonesia

0856 417 01234 ( Whats App )
0821 383 01234 ( Whats App )
——————————————–
Admin Grosir :
0856 4065 2225 (Whats App )

Kasir:
SCAN barcode dibawah ini
kasir langgeng pancing

Fitur chat WA bisa digunakan untuk smartphone dan untuk PC komputer harap mengaktifkan WA web terlebih dahulu di sini https://web.whatsapp.com/id

JADWAL BUKA

Senin – Sabtu : 08.00–21.00 (ISHOMA 17:30 – Ba’da Isya’) Setelah Isya’ BUKA
Minggu : 09.00–15.00

Jam Sholat Tutup 15 menit

Terima Kasih

Rekening Bank

Azis Triyanto No rek 3920262529
Azis Triyanto No Rek 900 00 0270524 3
Azis Triyanto No Rek 0261590499
Azis Triyanto No Rek 3591 01 001233 50 7

Pengiriman

Facebook Fanpage