5 Spot Potensial Mancing Pasiran (Surf Fishing) di Jogjakarta

5 Spot Potensial Mancing Pasiran (Surf Fishing) di Jogjakarta

spot mancing pasiran

spot mancing pasiran

Surf fishing atau mancing pasiran merupakan teknik mancing yang sangat populer dan memiliki banyak penggemar. Di Jogjakarta terdapat beberapa spot mancing pasiran yang bisa dijadikan akternatif mancing bagi para mania yang mungkin sedang berwisata sambil memancing di kota yang terkenal akan masakan gudeg nya ini.

MM berhasil merangkum beberapa spot mancing pasiran di Jogjakarta yang mana spot tersebut merupakan lokasi mancing para angler lokal maupun luar yang masih terbilang potensial untuk dicoba. Dimana sajakah spot-spot mancing pasiran tersebut, yuk kita simak ulasannya dibawah ini.

Pantai Parangndog

Pantai yang terletak di wilayah Bantul, Yogyakarta ini bersebelahan dengan pantai Parangtritis, tepat di sebelah timurnya. Untuk menuju kesini para mania harus melewati dan memarkir kendaraan di wilayah timur Parangtritis. Dari Parangtritis menuju ke timur sekitar 500 m dengan berjalan kaki atau bisa juga menggunakan jasa dokar/kereta kuda kecil yang biasa menjajakan jasa keliling seputaran pantai.

Target ikan disini kebanyakan Megan (Dart-fish), Pompano (Gatho), Caru (GT), dan ikan-ikan karang, karena lokasi pantai ini bersebelahan dengan tebing karang yang juga sebagai spot rock-fishing dan pemancing jogja biasa menyebut spot Watu Mejo.

Pantai Parangtritis

Tentunya sangat tidak asing ditelinga kita jika mendengar nama pantai ini, Parangtritis. Hamparan pantai luas di selatan Bantul, Jogjakarta yang menjadi salah satu obyek wisata unggulan di daerah ini. Hingga saat ini masih banyak pemancing Jogja dan luar kota yang mengail disini, walaupun kadang mereka mencoba peruntungan disisi sebelah timur yang cukup lengang untuk melempar kail. Teksur pantai ini lebih banyak dataran/pelataran dan cekungan/lebengan/lebeng lebih banyak menjorok ke selatan ke arah laut.

Pantai Parangkusumo

Sebuah pantai disebelah barat pantai parangtritis yang juga cukup potensial ketika musim ikan Bojor (Sand-whiting). Jika memancing di pantai ini tidak perlu khawatir kehabisan bekal, disebelah utara pantai banyak terdapat pedagang seperti air minum, snack, bahkan undur-undur sebagai umpan mancing dan kebanyakan mereka buka 24 jam sehari. Para mania bisa menargetkan ikan – ikan penghuni pantai seperti Bojor (Sand-whiting), Gatho (Permit), Surung/Laosan, dan Bekukon (Bream-fish).

Pantai Pelangi

Untuk alternatif berikutnya bisa dicoba pantai yang berlokasi di sebelah barat Parangkusumo, pantai Pelangi. Pantai ini potensial dari segi lokasi dan target-target ikan yang sering naik. Disini para mania bisa menitipkan kendaraan di tempat pak Riyanta, seorang penghobi mancing pasiran yang tinggal di sebelah utara jalan masuk pantai Pelangi. Di rumah Pak Riyanta juga ada warung snack dan makanan, serta kadang menjual undur-undur.

Pantai Depok

Salah satu wisata kuliner di Bantul, yang juga menjadi andalan wisata daerah. Di pantai ini banyak terdapat suangan/lebeng sebagai tempat ikan monster mencari makan. Banyak dari pemancing lokal dan luar kota hooked up ikan-ikan pasiran disini. Dan tempat ini berada tidak jauh dari pantai Pelangi, tepatnya sebelah barat.

 

Sumber : mancingmania.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Main Menu