Cara budidaya cacing untuk umpan mancing

Cara budidaya cacing untuk umpan mancing

Cara budidaya cacing untuk umpan mancing

Cara budidaya cacing untuk umpan mancing

Bagi para angler memancing merupakan kegiatan yang menyenangkan terutama saat di akhir pekan. Salah satu umpan yang paling banyak digunakan adalah Cacing. cacing memang menjadi makanan favorit ikan ikan terutama ikan air tawar/sungai. Banyak ikan ikan di spot alam bebas yang memiliki berat yang cukup besar ,karena mereka memakan cacing hidup di sekitar mereka secara bebas. Kadang untuk mencari cacing sendiri cukup sulit apalagi di kondisi cuaca kemarau. Berikut kami jelaskan Cara budidaya cacing untuk umpan mancing.

Cara budidaya cacing untuk umpan mancing
1. Persiapan Kandang

Kandang dapat di buat dari beberapa bahan murah serta gampang didapat semacam papan sisa, bambu, ijuk, rumbia dan genteng tanah liat. Untuk kandang permanen peternakan taraf besar misalnya memiliki ukuran 1. 5 x 18 m serta tinggi 0.45 m. Didalamnya dibuat wadah-wadah tempat pemeliharaan semacam rak-rak bertingkat, serta kandang bisa terbuka tanpa ada dinding

2. Pembibitan

Untuk sekala komersial sebaiknya menggunakan bibit yang sudah ada karena diperlukan jumlah yang besar, tapi untuk skala kecil bisa mencari bibit cacing tanah dari alam, misalnya dari lingkungan sampah yang membusuk atau dari tempat pembuangan kotoran hewan.

3. Model Perkembang biakan

Jika media pemeliharaan sudah siap dan bibit cacing tanah sudah tersedia, maka penanaman siap dilakukan. Bibit cacing tanah jangan langsung sekaligus dimasukkan ke dalam media, melainkan sedikit-sedikit. Beberapa bibit coba disimpan di atas media, jika bibit masuk ke dalam media hal itu menunjukkan bahwa cacing betah di media tersebut. Tambahkan lagi dan cek tiap 3 jam sekali apakah masih ada cacing yang berkeliaran ke luar, kalau cacing malah meninggalkan media atau wadah berarti media yang digunakan harus diganti. Cara mengganti media yaitu dengan cara disiram air, kemudian diperas atau dibuang airnya sampai airnya berwarna bening.

4. Pemberian pakan

Dalam satu hari satu malam Cacing tanah diberi pakan sekali sesuai berat cacing tanah yang ditanam. Apabila ditanam 1 Kg Cacing tanah, maka pakan diberikan harus 1 Kg.

Kurang lebih seperti itu , untuk lebih jelasnya bisa lihat video berikut

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cart

No products in the cart.