Cara Membedakan Ikan Bawal Tawar Jantan dan Betina

Cara Membedakan Ikan Bawal Tawar Jantan dan Betina

Cara Membedakan Ikan Bawal Tawar Jantan dan Betina

Cara Membedakan Ikan Bawal Tawar Jantan dan Betina

Beberapa tanda ikan Bawal betina mempunyai tubuh yang lebih gemuk, sedangkan untuk ikan Bawal jantan selain lebih langsing, juga memiliki warna merah pada perutnya lebih menyala.

Apabila jika sudah matang gonade, perut Bawal betina akan terlihat gendut dan gerakannya pun lamban. Bawal jantan lebih lincah juga akan mengeluarkan cairan berwarna putih susu jika dipijat ke arah anus.

Seperti ikan lainnya, bawal pun biasanya memijah pada awal juga selama musim hujan. Di Brazil dan Venezuela, kejadian itu terjadi pada bulan Juni dan Juli. Adapun di negara-negara lainnya, bawal dapat mengikuti musim yang ada, misalnya di Indonesia kematangan gonad Bawal terjadi pada bulan Oktober sampai April.

Sebelum musim pemijahan tiba, induk yang sudah matang akan mencari tempat yang cocok untuk melakukan pemijahan. Daerah yang paling disukai adalah hulu sungai yang biasanya pada musim kemarau kering, sedangkan pada musim hujan tergenang. Daerah yang seperti ini memberikan rangsangan dalam memijah.

Pada umur dua hari setelah menetas, mulut larva akan mulai terbuka, tapi belum dapat menerima makanan dari luar tubuh, makanannya masih berupa kuning telurnya. Setelah umur empat hari, kuning yang diserap oleh tubuh sudah habis dan pada saat itulah larva akan mulai mengonsumsi makanan dari luar.

Jika diamati kebiasaan makannya, Bawal tergolong merupakan ikan yang lebih suka makan di bagian tengah perairan. Dengan kata lain, bahwa ikan Bawal bukanlah ikan yang biasa makan di dasar perairan ataupun di permukaan perairan (Sumber : mancingmania.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Main Menu