Mengenal Ikan Glodok (MUDSKIPPER)

Mengenal Ikan Glodok (MUDSKIPPER)

 

Ikan Glodok adalah ikan yang aneh, bisa hidup di air dan dilumpur. Orang jakarta bilang namanya Ikan bosoatau ikan jorok. Ikan ini di cari di Jepang untuk dimakan, karena baik untuk kesehatan terutama janin ibu hamil dan peningkat tenaga lelaki

Tampang ikan ini sangatlah khas. Kedua matanyamenonjol di atas kepala seperti mata kodok, wajah yang dempak, dan sirip-sirippunggung yang terkembang menawan. Badannya bulat panjang seperti torpedo,sementara sirip ekornya membulat. Panjang tubuh bervariasi mulai dari beberapasentimeter hingga mendekati 30 cm.

Keahlian yang dimiliki ikan yang satu ini, selaindapat bertahan hidup lama di daratan (90% waktunya dihabiskan di darat), ikangelodok dapat memanjat akar-akar pohon bakau, melompat jauh, dan ‘berjalan’ diatas lumpur. Pangkal sirip dadanya berotot kuat, sehingga sirip ini dapatditekuk dan berfungsi seperti lengan untuk merayap, merangkak dan melompat.

Daya bertahan di daratan ini didukung pula oleh kemampuannya bernafas melalui kulit tubuhnya dan lapisan selaput lendir dimulut dan kerongkongannya, yang hanya bisa terlaksana dalam keadaan lembab.Oleh sebab itu gelodok setiap beberapa saat perlu mencelupkan diri ke air untuk membasahi tubuhnya.

Ikan gelodok Periophthalmuskoelreuteri setiap kalinya bisa bertahan sampai 7-8 menit di darat, sebelummasuk lagi ke air. Di samping itu, gelodok juga menyimpan sejumlah air dirongga insangnya yang membesar, yang memungkinkan insang untuk selalu terendamdan berfungsi selagi ikan itu berjalan-jalan di daratan.
Hidup di wilayah pasang surut, gelodok biasamenggali lubang di lumpur yang lunak untuk sarangnya. Lubang ini bisa sangatdalam dan bercabang-cabang, berisi air dan sedikit udara di ruang-ruangtertentu. Ketika air pasang naik, gelodok umumnya bersembunyi dilubang-lubangini untuk menghindari ikan-ikan pemangsa yang berdatangan.

Ikan jantan memiliki semacam alat kopulasi padakelaminnya. Setelah perkimpoian, telur-telur ikan gelodok disimpan dalamlubangnya itu dan dijaga oleh induk betinanya. Telur-telur itu lengket danmelekat pada dinding lumpur. Gelodok Periophthalmodonschlosseri dapat bertelur hingga 70.000 butir.

Dari hasil penelitian Budiyanto pada tahun 1983, didalamlambung (ventriculus) ikan glodok diSagara anakan, terdapat semut, lalat, ketam (Uca spp.), udang, ikan, kerang cumi-cumi dan sedikit algae. Sehinggadisimpulkan ikan glodok banyak memangsa hewan dan juga diduga sedikit memakan tumbuhan.Ketika menjelajah daratan, gelodok juga sering menyerang dan mengusir gelodokyang lainnya, untuk mempertahankan teritorinya.

Source:dwifish.blogspot.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Main Menu