Mengenal Karakter Ikan Giant Trevally

Kuwe Gerong (Charanx Ignobilis) adalah ikan tangkapan umum diperairan tropis Indo-Pasifik. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Giant Trevally atau GT. Ikan ini mudah untuk dikenali mulai dari dahinya yang tampak besar (jenong) dengan warna tubuh keperakan dan semburat kuning.

Ukuran tubuhnya besar, dengan panjang dapat mencapai 170 cm dan berat 80 kg. Ketika muda ikan Kuwe Gerong menyukai perairan dengan kegaraman rendah, tetapi setelah besar dapat ditemukan di berbagai zona laut.

Ciri- ciri umum ikan GT antara lain adalah :
  1. Badan memanjang, gepeng, dan sedikit lonjong.
  2. Lapisan insang 16-18 pada busur insang pertama bagian bawah.
  3. Memiliki 9 sirip punggung pertama berjari-jari keras.
  4. Sirip punggung kedua berjari-jari keras 1 dan 18-21 lemah.
  5. Sirip dubur terdiri 2 jari-jari keras (lepas), diikuti 1 jari-jari keras dan 14-16 lemah.
  6. Bagian depan garis rusuk melengkung, lurus bagian belakangnya.
  7. Terdapat 24-34 sisik duri pada bagian yang lurus garis rusuk.
  8. Termasuk ikan buas, makanannya ikan-ikan kecil, crustacea. Hidup di perairan dangkal, karang-karang, membentuk gerombolan kecil.
  9. Warna : bagian atas kehijauan atau biru keabuan, putih perak bagian bawah.
  10. Pada jenis muda terdapat 4-7 ban lebar melintang.
  11. Kedua sirip punggungnya berwarna putih kotor dengan pinggir keputihan.
  12. Sirip ekor gelap atau sedikit kuning dengan ujung gelap lain-lain sirip pucat.

Di kalangan sport fishing, Ikan giant trevally terkenal memiliki tenaga yang bandel dan kuat, sehingga ikan ini banyak digemari dan menjadi magnet bagi para angler di seluruh dunia. Habitat ikan ini di Indonesia berada di koral, batu berkarang (rock reefs) dan ikan ini hampir tersebar dari wilayah Aceh hingga Papua.

Sekilas, ikan GT memiliki muka yang buruk dan menyeramkan. Matanya yang bundar besar dengan bentuk jidat yang lebar cukup menambah kesan seram penampilannya. Gigi-giginya sangat tajam dan kuat selalu siap untuk memburu mangsa-mangsa yang berada di wilayahnya.

Momok seram ikan GT juga ditambah dengan kulitnya yang tebal dengan gurat sisi berbentuk oval yang memanjang. Kesan kuat juga terpancar pada bentuk tubuh dan kepala yang besar bulat. Namun, meskipun bentuknya sangat sangar menyeramkan, ikan ini sangat dihormati dan dipuja para angler di seluruh dunia.

Para angler yang pernah bertarung dengan ikan ini pasti akan selalu ketagihan akan bagaimana rasa tarikannya . Tenaga ikan pada tarikan pertama saat menyambar umpan pun sangat dahsyat dan di saat strike pertama ini para angler harus ekstra kuat menahan joran. Ikan GT akan membawa lari umpan kita ke karang dan bila sampai ke karang makan kenur pancing akan riskan dari putus tergesek karang. Daya juang dan tarikannya yang kuat membuat ikan ini menjadi ikon sportfishing dunia.

(Sumber : mancingmania.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Main Menu