Surga lemadang di Tianyar Bali

Surga lemadang di Tianyar Bali

Surga lemadang di Tianyar Bali

Bagi angler yang yang sudah lama bergelut dengan olah raga sport fishing, pastilah hafal dengan ikan lemadang. Makhluk laut bertubuh ramping dan bersirip punggung memanjang ini punya karakter yang disukai pemancing, yakni: cerdas, bertenaga, dan pantang menyerah.

Karena itu, jangan sia-siakan kesempatan memburu ikan yang namanya diabadikan sebagai kapal perang RI ini. Setiap Oktober hingga pertengahan Januari, puluhan ribu lemadang membanjiri selat Lombok untuk mencari makanan utamanya yakni ikan sarden, cumi-cumi, atau udang di sekitar rumpon warga di tengah laut.

Memancing lemadang memang membuat terkesan. Karena itu setiap datang musimnya, Om Alwin-begitu dia biasa disapa, menyempatkan diri berburu ikan yang juga tersebar di Lautan Pasifik, Lautan Atlantik, dan Laut Afrika ini. Tentunya di spot terbaik, yakni di Desa Tianyar, Kecamatan Kubu, Provinsi Bali.

Jika tak paham caranya, akan sulit untuk mendaratkan iwak pelagis-alias ikan yang hidup di permukaan ini ke atas perahu. Namun, jika sudah mahir, dalam sekali trip, strike hingga 100 kalipun bukan hal yang aneh dalam memancing predator yang umumnya punya berat 7-15kg dan panjang 1 meter ini.

Selain itu di saat memancing, perahu dikemudikan dengan cara slow trolling-alias bergerak maju dengan perlahan, lalu kailpun dilempar dari arah belakang jukung. Hal tersebut dilakukan karena cukup sulit untuk mengetahui kemana arah arus di selat yang punya kedalaman 1500 meter ini.

Soal peralatan pancing jangan salah pilih. Gunakan joran casting dengan ukuran 120 hingga 160 Lbs, dengan tingkat PE 2 atau 3. Sementara kailnya sendiri pakai ukuran 11 atau 12. Gunakan juga reel spinning dan atur kunci drag dengan agak longgar. Ini dilakukan demi menjaga kelenturan tackle sehingga ikan yang oleh nelayan sekitar dinamai tumpek ini tak terlepas dari hook.Dengan umpan natural bait

Lokasi desa Tianyar dapat ditempuh dengan waktu sekitar 3 jam perjalanan darat dari Denpasar, menuju arah timur yaitu Kabupaten Karangasem.

Surga lemadang di Tianyar,Bali

source : spotmancing.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Main Menu

Whatsapp
1
Hallo kak ada yang bisa kami bantu ?
Hallo 👋
Silahkan selamat berbelanja :)