Tips dan Teknik Tune Up Umpan Popper

Tips dan Teknik Tune Up Umpan Popper

Tips dan Teknik Tune Up Umpan Popper

Tips dan Teknik Tune Up Umpan Popper

Modifikasi pada sebuah umpan popper adalah hal yang biasa dilakukan

Adapun alasan para angler ini melakukan Tune Up adalah untuk memaksimalkan fungsi dan kerja dari si popper itu sendiri.

Sebagai langkah awal sebelum melakukan tune up pada popper, sebaiknya sediakanlah air laut secukupnya dan tampung dalam wadah berupa ember atau yang lainnya sesuai dengan panjang popper.

Kegunaan air laut ini hanya sebagai mediasi untuk mengetahui dan mengukur tingkat kestabilan dari popper yang akan di tune up, dengan cara memasukkan/menjatuhkan popper kedalam air laut yang ada di wadah tersebut.

Selanjutnya pastikan kedudukan popper dalam kondisi normal (layak pakai) dengan posisi tegak lurus sebatas leher popper.

Namun bila kondisi popper seperti tidak normal dan harus dilakukan penyetelan ulang, dengan cara sebagai berikut:

Cara 1 : Mengurangi/menambah berat popper type chugger.

Apabila posisi kepala atau mulut popper berada di permukaan air (tenggelam), penyetelan dilakukan dengan mengurangi atau menambah pemberat (stabilizer) dengan cara :

  1. Potonglah kawat yang terdapat dibagian ekor, lalu keluarkan timahnya dan kurangi atau tambahkan beratnya.
  2. Bila telah selesai, rangkai kembali dengan menggnakan kawat stainless steel ukuran 1,4 mm.

 

Cara 2 : Mengganti ukuran mata kail

Jika didapati stabilizer kurang beratnya, gunakanlah mata kail cabang tiga yang lebih besar ukurannya misalnya bila semula para mania menggunakan ukuran 03, cobalah ganti dengan nomor 05. Begitu pula  sebaliknya jika stabilizer terlalu berat, gantilah mata kail yang berukuran lebih kecil misalnya apabila semula memakai ukuran 05, cobalah ganti dengan ukuran nomor 04.

 

Cara 3 : Mengurangi mata kail

Jika stabilizer terlalu berat, lepaskanlah kail yang berada dibagian dada/badan, gunakanlah hanya satu kail dibagian ekor saja.

Khusus untuk popper tipe pensil, aksi yang baik adalah pada saat popper ditarik dengan cepat posisi mulut popper kadang terangkat dari permukaan air, sedang bagian badannya berada dibawah permukaan.

Karena itu percikan yang timbul saat popper menabrak jauh lebih kecil dibandingkan dengan tipe chugger.

Sedang yang harus diperhatikan pada popper jenis pensil ialah jika stabilizer-nya terlalu berat posisi mulut akan selalu dibawah permukaan air, namun jika terlalu ringan maka badan popper akan terangkat hingga ke permukaan.

 

(Sumber : mancingmania,com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Main Menu