Tips Jitu Memancing Ikan Dengan Teknik Umpan Daun Kangkung

Tips Jitu Memancing Ikan Dengan Teknik Umpan Daun Kangkung

  1. Carilah wilayah dimana yang terdapat tumbuhan kangkung bisa diitemukan di wilayah rawa atau sekitaan danau.
    Biasanya kangung yang paling bagus adalah yang dibudidayakan oleh petani.Kangkung yang dibudidayakan biasanya lebih baik karena memang sangat dijaga kualitasnya.
  2. Pilihlah daun kangkung yang masih sangat muda dibagian pucuknya.
    Kangkung yang baik juga tumbuh di tempat yang airnya mengalir,
    karena dengan air yang mengalir kangkung akan menghasilkan daun yang lebih baik kualitasnya
    dibandingkan dengan kangkung yang berada dalam air yang tenang.
    Kualitas daun kangkung akan mempenagruhi selera ikan. Jadi pilihlah daun kangkung yang paling baik kualitasnya.Pada saat panen kangkung biasanya ada  beberapa daun kangkung muda yang terjatuh.
    Daun kangkung seperti ini dapat dijadikan umpan, namun pilihlah yang paling muda.
  3. Carilah spot yang menurut anda potensial untuk ikan-ikan pemakan tumbuhan seperti Nila, Tawes, Mujair dan lainnya. Bila belum mendapatkannya mungkin anda bisa meminta petunjuk spot kepada teman atau pemancing lainnya yang telah berpengalaman mancing di sekitar spot tujuan anda.
  4. Tentukanlah waktu terbaik untuk memancing. Siklus makan ikan biasanya dimulai ketika matahari terbit pada pagi hari dan stelah ashar hingga magrib pada sore hari. Biasanya anda bisa menentukan waktu antara jam 06.00-10.00 pagi atau jam 16.00 – magrib pada sore hari.
  5. Jika anda telah menemukan spot dan waktu yang sangat pas maka mulailah untuk mencoba mendeteksi keberadaan ikan. Gunakanlah 3-5 helai daun kangkuang muda lalu cobalah lempar ke titik dimana anda akan memancing. Ikan akan bereaksi untuk memakan kangkung yang telah dilempar tadi kira-kira 5-10 menit. Jika memang tidak ada respon mungkin anda bisa berpindah spot sekitar spot awal. Jika tidak anda bisa langsung melempar kangkung yang telah dikaitkan dengan mata kail. Tips ini tentu saja bukan sebuah keharusan, namun untuk memastikan keberadaan ikan.
  6. Pasangkanlah sehelai daun kangkung dengan mata kail. Gunakanlah mata kail kecil ukuran 2-3 bisa merek Carbon atau lainnya. Pasangkan kail dengan melipat daun kangkung pada bagian pangkalnya atau anda bisa menggunakan 3 mata kail yang telah dirangkai untuk meningkatkan rasio tangkapan anda. Saat memasang daun kangkung buatlah agar daun terlihat alami.
  7. Gunakanlah pelampung kecil untuk mendekteksi kapan umpan akan dimakan dan anda untuk menentukan kesempatan anda dalam menyentak umpan.
  8. Sebagai saran anda bisa menggunakan tegek ringan dengan panjang sesuai dengan titik yang anda ingin jangkau. Bisa juga dengan menggunakan reel dengan joran yang telah disesuaikan.
  9. Jangan tegesa-gesa untuk menyentak umpan saat pelampung mulai bergerak. Jika pelampung dirasa sudah bergerak cepat hingga masuk ke dalam air, itulah saat yang tepat untuk menyentak.
  10. Gunakanlah insting anda saat dirasa strike ikan dan selamat mencoba.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Main Menu