Tips Sukses Popping Bagi Pemula

Tips Sukses Popping Bagi Pemula

 

teknik mancing Popping merupakan teknik yang sedang populer di kalangan pecinta sportfishing belakangan ini. Teknik mancing yang sejarah awalnya berasal dari negara Australia ini mulai ramai dan digandrungi para pecinta sportfishing tanah air.

Teknik mancing popping merupakan teknik mancing yang sederhana dan gampang dilakukan apabila kita sudah pernah mencobanya beberapa kali. Mancing dengan teknik ini teknis secara sederhana sebenarnya sangat mudah untuk dipraktekkan. Kita hanya perlu melempar popper sejauh dan sesering mungkin.

Bobot popper juga sangat mempengaruhi seberapa jauh para mania bisa melemparnya. Semakin berat popper kita maka akan semakin jauh pula hasil lemparan yang kita dapat. Bagi para mania yang baru pertama kali inngin mencoba mancing dengan teknik popping, tentunya pemahaman awal mulai dari piranti hingga skill yang akan digunakan tentunya masih sangat sulit jika dibayangkan.

ada beberapa poin yang harus diperhatikan ketika ingin menggeluti popping. Poin-poin tersebut antara lain :

Joran

Rod atau joran untuk mancing dengan teknik popping disesuaikan ukurannya dengan target dan kondisi spot. Spot disini menjelaskan apakah para mania ingin mengaplikasikan teknik popping on boat (dari kapal) atau landbase (daratan). Ukuran joran popping pun bervariasi mulai dari kelas 40-80 lb (PE 4 -8). Semakin besar angka PE maka semakin kaku pula karakter joran popping kita.

Reel

Reel yang digunakan untuk memancing popping adalah reel tipe spinning. Untuk ukurannya sendiri, Apri menjelaskan reel dengan size minimal 5000 merupakan standar minimal ukuran yang pas untuk mancing popping. Penggunaan size 5000 ke atas juga disesuaikan dengan joran yang akan digunakan. Bahkan beberapa reel dengan brand ternama mengeluarkan produk reel andalan mereka hingga size 16000 untuk diaplikasikan ke teknik popping.

Pemilihan senar dan leader

Untuk mancing popping, Apri menganjurkan untuk selalu menngunakan senar braided (PE). Ukurannya mulai dari 40, 60 sampai 80 lb menyesuaikan kelas joran popping yang akan para mania gunakan. Untuk leader line nya sendiri menggunakan senar leader fluorocarbon. Sedikit tips dari Apri untuk selalu menggunakan leader dengan ukuran/size diatas kekuatan senar braided (PE) yang dipakai untuk mendapatakan komposisi yang balance antara senar PE dan Leader.

Pemilihan lure

Popping selalu identik dengan umpan buatan berjenis popper dan stickbait sinking maupun floating. Kedua lure tersebut merupakan lure yang biasa digunakan para pemancing popping. Banyak model dan variasi popper dan stickbait yang dijual di pasaran. Para mania wajib mengetahui karakter spot dan karakter (action) lure itu sendiri. Karena setiap lure memiliki action yang berbeda begitu pula teknik dan cara memainkannya.

Warna lure

Banyak para pemancing yang beranggapan bahwa warna lure tidak berpengaruh dengan ikan yang akan ditaklukkan. Namun beberapa pemancing juga yang menganggap jika warna lure sangat menentukan kesuksesan seorang pemancing untuk menaklukkan ikan. Apri disini ingin menjelaskan bahwa cara makan/kebiasaan ikan memangsa berbeda disetiap tempat. Pada beberapa daerah memang ada ikan yang terbiasa menyambar umpan berwarna cerah namun ada juga yang menyambar umpan buatan yang berwarna gelap. Jadi, sesuaikanlah dengan karakter makan ikan di spot yang akan dituju.

Source:mancingmania.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Main Menu