Kategori Joran Berdasarkan Bahan Pembuatannya

Kategori Joran Berdasarkan Bahan Pembuatannya

Kategori Joran Berdasarkan Bahan Pembuatannya

Kategori Joran Berdasarkan Bahan Pembuatannya

Rod atau joran merupakan senjata utama seorang angler ketika memancing.

Joran pancing mempunyai fungsi dan kegunaan yang sangat besar dalam aktivitas sewaktu kita mancing dan bertarung dengan ikan, terutama dalam menghadapi pertarungan dengan ikan-ikan besar yang memiliki tenaga sangat kuat.

Joran pancing mempunyai bentuk yang berbeda-beda sesuai dengan fungsi dan kegunaannya. Secara umum bahan pembuatan joran terdiri atas 3 yaitu fiberglass, High Carbon dan Mix Carbon. MM kali ini akan mencoba mengulas lebih detail tentang ke 3 bahan pembuatan joran tersebut dengan harapan para mania bisa dengan mudah memilih jenis joran berdasarkan bahan dan kegunaan juga plus minus-nya dari segi kekuatan.

Joran Fiberglass

Kategori Joran Berdasarkan Bahan Pembuatannya

Dibagi menjadi 2 model, Joran fiberglass padat sangat kuat tetapi joran menjadi lebih berat dan kurang bagus aksi-reaksinya, sehingga hanya cocok untuk dibuat menjadi
tangkai joran yang kecil. Sedangkan joran fiberglass berongga juga kuat dan lebih ringan, kekuatan joran fiberglass ini tergantung dari tebal/tipisnya bahan fiber yang digunakan.

Joran dengan bahan fiber ini tidak mudah patah, sehingga tidak memerlukan perawatan yang khusus. Fiberglass yang berwarna kuning biasanya buatan Korea dengan menggunakan resin fiberglass, sedangkan yang berwarna hitam buatan RRC dengan menggunakan resin carbon.

Joran High Carbon

Kategori Joran Berdasarkan Bahan Pembuatannya

Joran high carbon ini mampu bereaksi dengan cepat karena sifatnya kaku dan ringan. Bahan carbon berupa serbuk carbon, jadi tidak mungkin tangkai joran dibuat dari full carbon, namun harus ada kombinasi campuran bahan fiberglass-nya.

Joran yang terbuat dari bahan High Carbon ini juga membutuhkan perawatan yang khusus karena joran mudah sekali tergores sehingga bisa merusak penampilan joran itu sendiri. Dari bentuk fisiknya Joran dari bahan carbon ini sangat halus.

Joran Mix Carbon

Biasa disebut komposit, yaitu campuran dua atau lebih bahan modern pembuat tangkai joran. Biasanya komposisi bahannya terdiri dari fiber dan carbon (graphite) dan masih banyak lagi variasinya. Tujuan dari pencampuran ini adalah agar sifat keunggulan dari masing-masing bahan dapat dimaksimalkan.

Pada saat ini hampir semua pabrik telah memakai mix carbon sebagai bahan baku tangkai joran, semakin tinggi kadar carbon-nya semakin kaku dan mahal harga joran tersebut.

Pada umumnya tidak semua pabrik pembuat joran menyatakan persentase kandungan bahan campurannya secara jujur. Pembuat joran biasanya hanya menyebutkan carbon/graphite tanpa memperdulikan benar-benar carbon atau fiber carbon. Bahan dasar keduanya memang sama-sama carbon, namun teknik pembuatan sesungguhnya berbeda.

Carbon/graphite lebih ringan dan mempunyai reaksi yang jauh lebih cepat ketimbang fiberglass. Itulah sebabnya bagi pemancing yang memerlukan kekuatan dan ketepatan lemparan kail, seperti mancing dengan teknik casting, joran ini lebih disukai. Biasanya joran ini harganya relatif tinggi dan juga mudah patah, sehingga memerlukan perlakuan yang lebih hati-hati dibandingkan dengan joran fiberglass.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Main Menu