Tips Merawat Reel Yang Baik Dan Benar

Tips Merawat Reel Yang Baik Dan Benar

Tips Merawat Reel Yang Baik Dan Benar

Tips Merawat Reel Yang Baik Dan Benar

Terkadang sebagai pemancing tentu kita memiliki asa malas untuk membersihkan dan melakukan perawatan setelah aktivitas memancing selesai. Bahkan beberapa pemancing jarang sekali memperhatikan masalah perawatan ini. Saat kita sering memancing dipantai tentu air asin akan membuat reel kita lebih mudah rusak dan korosi. Akibatnya, reel akan jebol hingga macet di tengah jalan. Bagi yang berkantong tebal tentu biasanya sangat mudah tinggal membeli reel baru, namun bagaimana jika sebaliknya? maka perlu adanya perawatan. Tentu kitapun tak ingin terus-menerus mengganti reel, terlebih jika reel tersebut sangat keramat bagi kita.

Sebagus dan semahal apapun reel pancing jika kita tidak pernah merawat, maka akan cepat rusak juga. Berikut ini beberapa tips untuk merawat reel, jangan sampai salah melakukannya.

beberapa tips yang bisa kita coba :

  1. Jangan melepas spool dan merendamnya di dalam air,

    karena air akan masuk kedalam bagian drag dan akan membuat drag jadi tidak normal. Usahakan pada saat mencuci reel untuk mengencangkan drag agar air tidak masuk ke dalaman drag. Drag pada reel ada 2 tipe, drag kering dan drag basah, drag kering biasanya metal washer cuma 2-3 biji dan semua washernya pastikan benar-benar kering dari apapun. Jika metal washernya lebih dari 3 biasanya menggunakan drag basah, yang berarti terdapat oli pada washernya.

 

  1. Pelumas (Lubrikasi reel),

    terdapat 2 jenis lubricant yaitu grease dan oil. Grease bersifat kental menyerupai mentega, sedangkan oil atau oli wujud dan sifatnya cair. Bagian-bagian reel yang harus menggunakan oil adalah semua bagian bearing, begitu pula sebaliknya bagian-bagian reel yang menggunakan grease adalah semua mekanisme gear . Jadi jangan sampai terbalik, hal ini agar reel tetap berfungsi bagus. Khusus untuk mekanisme oneway roller bearing jangan sekali-sekali memberikan grease terlebih dengan jumlah yang banyak. Hal ini dikarenakan roller bearing di tahan oleh per yang sangat kecil. Kurang lebih sekitar 1/5 dari diameter per ballpoint dengan kelenturan yang tinggi, jika per ini diberikan grease, roller akan macet dan tidak berfungsi semestinya, sehingga oneway roller tidak berfungsi dan reel bisa terputar balik dan ini sangat berbahaya bagi diri kita saat fight dengan ikan besar. Jangan memberikan grease terlalu banyak di area pinion gear, karena reel akan terasa seret dan macet. Maka berikan grease secukupnya saja. Jangan lupa untuk memperhatikan line roller pada bail arm ketika memberika oil.

 

  1. Setiap selesai memancing di laut,

    jangan lupa untuk selalu membuka mekanisme oneway bearing dengan melepas rotor terlebih dahulu, bagian ini biasanya sering menampung garam dari laut, meskipun itu telah kita cuci dan bilas.

 

  1. Jika memulai untuk membersihkan reel maka,

    mulailah dengan membongkar semua bagian reel tanpa terkecuali. Jangan lupa untuk mengingat semua bagian yang telah dibongkar, bisa dengan mencatat dan meletakkan bagian-bagian tersebut pada tempatnya. Agar tidak bingung ketika menyatukannya kembali. Biasanya dalam box reel ada exploded diagram (gambar bagian-bagian dari reel berikut nomer serinya), maka perhatikanlah baik-baik. Cuci semua bagian reel dengan WD 40, gunakan kuas kecil untuk bagian-bagian tersulit. Hilangkan semua bekas grease yang sudah berwarna coklat dan hitam. Jika semuanya sudah bersih, pasang kembali dan berikan grease dan oli yang baru, maka dijamin reel akan kembali halus seperti semula.

 

  1. Jika berasumsi tidak mampu untuk membongkar

    dan membersihkan reel maka, ada baiknya jika kita bawa ke tukang servis atau teman yang sudah ahli. Bila nekat untuk mencobanya pun juga tidak salah, karena dengan begitu kita bisa tahu apa yang menjadi malah pada reel. Yang penting jangan salah pada saat memasang kembali, sudah ada panduannya dalam box biasanya.

Sekian tips yang kami sampaikan, Ada baiknya jika kita mencoba untuk membongkar dan membersihkan reel sendiri, karena dengan begitu otomatis kita akan tahu dan terbiasa jika terjadi lagi hal yang demikian. Namun jika takut tidak bisa memasang kembali bawalah ketempat servis atau ke teman-teman anglers lainnya yang sudah ahli dan berpengalaman. Sekian dari kami, mudah-mudahan bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Main Menu