Kategori Senar Pancing Berdasarkan Kemasan

Kategori Senar Pancing Berdasarkan Kemasan

Kategori Senar Pancing Berdasarkan Kemasan

Kategori Senar Pancing Berdasarkan Kemasan

Senar adalah tali yang terbuat dari bahan khusus, digunakan untuk memancing dan menempatkan kail (hooks), pelampung (float), timah (sinker) dan aksesoris lainnya.

Ada 2 bagian senar yaitu main line dan hook line.

Pemakaian senar disesuaikan dengan tujuannya, apakah untuk mencari ikan besar/kecil terutama di kolam. Diameter senar disesuaikan dengan besar kecilnya ikan yang kita inginkan.

Hal pertama yang perlu diketahui dalam memilih senar adalah kualitas dari bahan senar tersebut yang masing-masing senar mempunyai ciri khas tertentu, dan biasanya senar yang baik kualitasnya relatif mahal. Senar yang baik adalah senar yang mempunyai mutu stabil. Dibuat dari bahan baku berkualitas, mesin yang baik dan dengan proses dan quality control yang baik pula.

Kestabilan senar yang dimaksud adalah jika dibuat dengan quality control yang ketat seperti diameter, kekuatan (strength), Kekuatan ikat senar (knot strength), perpanjangan senar pada saat ditarik (elongation), daya lentur (flexibility) dan ketahanan gesek (abrasion resistance).

Di pasaran, senar dijual dalam beragam jenis kemasan. MM kali ini akan mengulas tentang ragam dan kategori senar berdasarkan kemasan.

Senar Komersial

Kemasan senar yang dijual untuk pemakaian yang lebih ekonomis dan kurang memperhatikan senar dibanding kemasan senar hobi. Biasanya pemakaian senar ini untuk mencari nafkah/keuntungan dan digunakan untuk keperluan nelayan membuat/menambal jala.

Senar komersial dibagi 2 yaitu :
  1. Bungkus, yaitu senar gulungan tanpa spool dalam bungkusan plastik dengan informasi kekuatan (lbs), diameter (mm) dan panjang senar (m)
  2. Pack, yaitu kumpulan senar bungkus yang dijual dalam bentuk pak ditimbang dengan berat 4,5 kg.

Senar Hobi

Pemasarannya ditujukan pada pemancing hobi. Senar ini lebih mengutamakan kualitas seperti kekuatan dan diameter.

Jenis hobi dibagi 2 yaitu :
  1. Senar rol meter yaitu senar gulungan dengan spool, dengan informasi kekuatan (lbs), diameter dan panjang senar.
  2. Rol berat yaitu senar gulungan dengan spool dan informasi kekuatan (lbs), diameter, panjang senar.

(Sumber : mancingmania.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Main Menu